IAIS Gondol Juara Ketiga MTQM Regional

IAIS for RAME MEMBANGGAKAN: Kontingen IAIS menduduki peringkat ketiga Jawa Timur dengan mengumpulkan 12 poin dalam Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa (MTQM) Regional Jawa Timur yang digelar di Universitas Jember.

RADARJEMBER.ID- Prestasi membanggakan diraih kontingen MTQ IAI Syarifuddin (IAIS) dalam ajang Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa (MTQM) Regional Jawa Timur (Jatim) yang digelar di Universitas Jember (Unej). Mereka pulang dengan membawa status sebagai juara umum ketiga Jatim.

IKLAN

Kontingen IAIS mengumpulkan 12 poin dari empat cabang lomba. Masing-masing, juara dua pada cabang lomba tilawah putra, juara 3 dalam cabang lomba tilawah putri, juara satu dalam cabang lomba tahfiz 10 jus. Serta juara kedua dalam cabang lomba kaligrafi Alquran.

Wakil Rektor III IAIS Darwis Muzzaki menuturkan, dengan raihan tersebut, kontingennya menjadi pengumpul terbanyak ketiga setelah Universitas Negeri Malang (UM Malang), dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel. UM Malang dan UIN Sunan Ampel masing-masing mengumpulkan 51 poin dan 15 poin. “Kami (IAIS, Red) mengirim sekitar 12 delegasi untuk berbagai cabang lomba. Ada sekitar 14 lomba,” papar Darwis.

Prestasi tersebut, kata Darwis, menjadi capaian tertinggi yang didapat IAIS dalam ajang MTQM regional Jatim. Serta menjadi perguruan tinggi swasta pengumpul poin terbanyak dalam ajang MTQM regional yang dituanrumahi Unej pada 11 hingga 14 Agustus kemarin.

Menurut dia, universitas swasta kekinian relatif harus melakukan upaya lebih guna mencetak mahasiswa yang punya kapasitas mumpuni dalam membaca Alquran. Pasalnya, tidak sedikit universitas negeri yang menawarkan program beasiswa bagi calon-calon mahasiswa yang punya bakat membaca Alquran. “Buktinya, dalam MTQM kemarin juara umumnya didapat universitas umum (UM Malang, Red),” pungkas Darwis.

Reporter : Khawas Auskarni Muhyidin
Editor : Narto
Editor Bahasa: Imron Hidayatullah

Reporter :

Fotografer :

Editor :