Dua Doktor Kuatkan FKIP Unmuh Jember

UM JEMBER FOR RADAR JEMBER BARU LULUS S3: Dr Fitri Amilia dan Dr Agus Prasetyo Utomo, dua dosen FKIP Unmuh Jember  lulus ujian doktoral.

RADARJEMBER.ID- Tahun 2018 menjadi sejarah bagi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (UM) Jember. Pasalnya, dua doktor di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, serta Pendidikan Biologi siap kembali berkarya untuk lembaga ini.

IKLAN

Ini merupakan anugerah di bulan Kemerdekaan RI untuk FKIP dan kemerdekaan juga untuk kedua doktor Fitri Amilia dan Agus Prasetyo Utomo. Fitri Amilia lulus dari S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Surabaya dan Agus Prasetyo Utomo lulus dari S3 Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang.

Fitri Amilia menorehkan prestasi yang membanggakan. Dia bisa lulus tepat waktu, tanpa menambah waktu studi. Ini adalah catatan prestasi yang bisa menginspirasi banyak pihak. Bahwa kuliah S3 bisa diselesaikan dalam waktu tiga tahun, yang selama ini dianggap “mustahil” belaka.

Dia sangat senang bisa lulus tepat waktu. Dia juga berterima kasih kepada promotor Prof Dr Kisyani Laksono Mhum, dan kopromotor Dr Budinuryanta Yohanes. Keduanya, kata dia, telah meyakinkan dan memotivasi dirinya untuk bisa lulus tepat waktu. Tepatnya dia lulus di tahun kedua, bulan kesepuluh. “Alhamdulillah, syukur kepada Allah. Saya bisa melewati ini semua. Terima kasih juga untuk pimpinan Unmuh Jember, khususnya rektor dan jajarannya, dekan FKIP dan jajarannya, Kaprodi dan jajarannya,” ungkapnya.

Disertasi Fitri mengacu pada definisi dalam kamus istilah dengan kajian pragmasemantik.  Dalam disertasi tersebut, Fitri menemukan pola definisi dan pola evidensi definisi yang khas dalam kamus istilah. Kekhasan tersebut tampak pada integrasi ilmu semantik dan pragmatik secara terpadu guna menemukan pendefinisian yang ideal untuk kamus terikat konteks. Kedua pola tersebut bisa diusung menjadi pola penjelasan makna atau definisi dalam kamus istilah khususnya, dan pola definisi pada semua istilah di berbagai konteks ilmu dan kebutuhan.

Berbeda dengan Fitri, Agus menulis Etnoekologi Masyarakat Adat Using Desa Kemiren, Kabupaten Banyuwangi sebagai bahan pengembangan buku referensi Etika Lingkungan. Dari disertasinya, dia berhasil membuat sebuah buku dengan judul yang sama. Melalui buku tersebut, mahasiswa bisa memahami pembelajaran biologi berbasis etnoekologi. Tentunya disertasi ini sangat bermanfaat untuk lebih mengenalkan potensi alam sebagai referensi, media belajar, sumber belajar, dan untuk menciptakan pengalaman belajar yang berkualitas.

Agus mengungkapkan rasa bahagianya, sekaligus berterima kasih kepada promotornya,  Prof Dr Hj Mimien Henie Irawati Al Muhdhar MS, dan dua kopromotor: Dr H Istamar Syamsuri MPd dan Dr Hj Sri Endah Indriwati MPd.  Juga terima kasih untuk semua pihak.

Kebahagiaan ini juga dirasakan oleh keluarga besar Unmuh Jember, khususnya FKIP. “Alhamdulillah, FKIP mendapat dua doktor yang siap menguatkan proses pembelajaran,” tuturnya. Kebahagiaan ini, kata dia, tentu sangat dirasakan oleh teman-temannya di Prodi Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia serta Pendidikan Biologi.

Hal ini, lanjut dia, akan memberikan manfaat yang luar biasa terhadap perkembangan program studi. Semoga ilmu yang diraih oleh Dr Fitri Amilia dan Dr Agus Prasetyo Utomo membawa berkah untuk dirinya sendiri, keluarga, dan tentunya untuk program studi Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia dan Pendidikan Biologi FKIP UM Jember.

Editor : M. Shodiq Syarif
Editor Bahasa: Imron Hidayatullah.

Reporter :

Fotografer :

Editor :