Dongkrak Kualitas SMKN 5 Jember, Cetak Lulusan Siap Berwirausaha

SMKN 5 FOR RADAR JEMBER MONITORING: Ir Isklandar Hadiyanto MM (dua dari kiri) pendamping Revitalisasi SMK sedang mendampingi siswa SMKN 5 Jember yang budidaya benih pare di Desa Gumelar, Kecamatan Balung.

RADARJEMBER.ID- SMKN 5 Jember terus bersemangat untuk meningkatkan kualitas pendidikannya. Selain meningkatkan kualitas kegiatan belajar dan mengajar (KLBM) juga meningkatkan kualitas lulusannya. SMKN 5 Jember berupaya keras mencetak siswa yang lulus siap untuk menjadi wirausaha.

IKLAN

Salah satu contohnya sembilan siswa yang sedang budidaya benih pare di Desa Gumelar, Kecamatan Balung. Sembilan siswa yang menjadi dua kelompok membudidayakan pare untuk diambil benihnya. Dua kelompok siswa ini menjalin kerja sama resmi dengan PT Benih Citra Asia (BCA) yang bergerak di bidang benih. Apalagi, direktur PT BCA H Slamet Sulistiyono SP adalah lulusan SMKN 5 Jember.

Sebelumnya, perjanjian kerja sama dilakukan antara SMKN 5 Jember dengan PT BCA Jember. Namun, kini masing-masing kelompok siswa diperbolehkan menjalin kerja sama langsung dengan PT BCA. Harapannya, para siswa bisa lebih produktif dan bisa mengambil keuntungan sendiri dari kerja sama tersebut. Selanjutnya, setelah lulus, para siswa bisa menjalin kerja sama lanjutan dengan PT BCA.

Hebatnya, para siswa menanam pohon pare di di lahan 2.000 meter persegi tersebut dari hasil urunan. Mereka urunan untuk membudidayakan pare untuk diambil benihnya. Hasilnya luar biasa, mereka sudah mampu menghasilkan 16 kilogram dari 20 kilogram yang disepakati. “Sudah 8 kilogram yang  kami setor. Sisanya menyusul untuk memenuhi target 20 kilogram,” kata Ridwan Nur Holis, salah satu siswa SMKN 5 Jember.

Mereka mengaku bersemangat mengembangkan benih pare. Harapan mereka setelah lulus bisa lanjut untuk kerja sama perusahaan. “Kami ingin mengembangkan bisnis benih seperti ini,” imbuhnya.

Ir Iskandar Hadiyanto MM Widya Iswara P4TK Pertanian Cianjur Jawa Barat yang ditugasi Dit PSMK sebagai Pendamping Revitalisasi SMK di SMK N5 Jember menjelaskan bahwa kegiatan siswa SMKN 5 Jember yang kerja sama dengan perusahaan sangat penting. “Kerja sama dengan perusahaan sangat penting. Kalau siswa bisa menunjukkan kerja dan hasilnya baik saya yakin perusahaan akan tetap menjalin kerja sama dengan kalian,” imbuhnya.

Dengan kerja sama antara SMK dengan perusahaan maka siswa punya peluang untuk membuka usaha sendiri setelah lulus. Bahkan, kegiatan bisnis tersebut juga bisa dilakukan seandainya siswa yang bersangkutan kuliah. “Kuliah sambil kerja bisa dilakukan. Nanti malah mandiri, kuliah dengan biaya sendiri,” terangnya.

Selama tiga tahun SMKN 5 Jember melakukan revitalisasi bekerja sama dengan Belanda. Ada 12 action plan dalam Triple Helix Forum. Yaitu sosialisasi program pengembangan model revitalisasi SMK bidang pertanian. Sinkronisasi kurikulum dan sarpras. Promosi siswa, seleksi PPDB, peningkatan kompetensi PTK, guru tamu, kunjungan industri. Kemudian magang siswa, praktik kerja lapang, production based learning/individual project, ujian akhir dan rekrutmen. “Sosialisasi ini bagian dari promosi siswa,” ujar Kepala SMKN 5 Jember  Sofyan Hadi Purwanto SE MT. Program revitalisasi SMK Pertanian kerja sama Indonesia-Belanda hanya dua di Indonesia. Salah satunya SMKN 5 Jember.

Editor : Narto
Editor Bahasa: Yerri A Aji

Reporter :

Fotografer :

Editor :