Tim PKMKC Mahasiswa FMIPA UNEJ Luncurkan Artxotic Book

UNEJ FOR RADAR JEMBER INOVATIF: Tiga Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jember yakni Fitri Azizah, Pratidina Debora Putri, dan Hadi Pramestika Putri membuat buku yang berjudul Artxotic Book.

TEGALBOTO – Tiga Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jember (FMIPA Unej) bikin inovasi. Fitri Azizah, Pratidina Debora Putri, dan Hadi Pramestika Putri tergabung dalam Tim Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKMKC) membuat buku yang berjudul “Artxotic Book”.

IKLAN

Yaitu buku mewarnai dengan desain gambar memadukan seni mandala, budaya lokal Kabupaten Jember dan sekitarnya di dalamnya terdapat unsur sains. Dengan motivasi dan bimbingan dari dosen Jurusan Fisika FMIPA Agung Tjahjo Nugroho Ssi Mphill PhD, mereka menggagas menciptakan buku dengan tajuk  “Artxotic Book”. Program ini melalu program PMKCK didanai yang oleh Kemenristek Dikti.

Pembuatan buku itu berlandaskan pada berkembang pesatnya media sosial yang meliputi permainan online, belanja online dan berbagai macam komunikasi secara online sehingga membuat kalangan mahasiswa selalu membuka media tersebut dengan gawainya. Hal itu menimbulkan suatu kecanduan atau biasa dikenal dengan adiksi internet pada diri seseorang.

Di saat dosen menerangkan suatu mata kuliah tak sungkan-sungkan mereka membuka gawai untuk bermain media online. Karena hal tersebut, konsentrasi mereka terhadap suatu mata kuliah menjadi berkurang.

Terlalu sering bermain gawai menyebabkan mahasiswa hampir melupakan kebudayaan tradisional di daerah. Budaya lokal Jember dan sekitarnya pun masih banyak yang belum ketahui oleh mahasiswa pada era milenal ini.  Mungkin ada beberapa yang tahu, namun apakah mahasiswa tersebut mengetahui asal muasal dan filosofinya?

Pernah suatu ketika Tim PKMKC menanyakan kepada beberapa mahasiswa , “Kalian tahu nggak apa yang khas dari Bondowoso?” Mereka menjawab “tape, kopi, ijen, apalagi yah?”. Padahal banyak sekali yang belum disebutkan. Ketika disampaikan bahwa di Bondowoso terdapat Batik, Tarian Singo Ulung, Kerajinan Topeng Kona dan Tari Molong Kopi, mereka hanya bisa menjawab “ohhh ada yang seperti itu juga, kok baru tau ya”.

Kuisioner tentang adiksi internet diberikan kepada mahasiswa dan hampir semuanya memiliki adiksi yang sangat tinggi. Demo buku “Artxotic Book” diikuti mahasiswa FMIPA serta mahasiswa Unej dari fakultas lain. Antusias mereka terlihat dari respon mereka ketika dijelaskan tentang gambar yang mereka warnai dan filosofi didalamnya.

Setiap selesai mewarnai akan diberikan tes TPA untuk mengetahui apakah konsentrasi mereka meningkat atau tidak. Pendampingan selalu diberikan oleh Agung Tjahjo Nugroho Ssi Mphill PhD selaku pembimbing Tim PKMKC. Hasil menunjukkan bahwa terbukti “Artxotic Book” ini dapat meningkatkan konsentrasi mahasiswa. (kl/lin/aro)

Reporter :

Fotografer :

Editor :