Kenalkan Gamelan ke Mahasiswa Asing

KENALKAN BUDAYA: Mahasiswa asal Korea Selatan terlihat antusias ketika belajar cara memainkan gamelan, alat musik tradisional Indonesia, saat berkunjung ke Polije.

RADARJEMBER.ID – Politeknik Negeri Jember (Polije) mengenalkan gamelan ke mahasiswa asing. Meski tampak bingung ketika memainkan alat musik tradisional tersebut. Namun puluhan mahasiswa asal Korea Selatan itu mengaku senang karena bisa belajar alat musik yang baru mereka ketahui.

IKLAN

Sebanyak 20 mahasiswa Kyungpook National University yang melakukan kunjungan ke Polije tersebut adalah mahasiswa yang mengikuti program KNU Summer Volunteer. Mereka Hampir sepekan di Indonesia. Terhitung mulai tanggal 2 Juli 2019 lalu. Tak hanya mahasiswa tiga dosen dari Korea Selatan juga turut mendampingi. Salah satunya Prof Chung Wonil. Mereka terlihat kagum dengan gamelan karena alat musik itu juga bernilai budaya.

Meski kebingungan, para mahasiswa ini tetap mencoba memainkan gamelan. Waktu belajar yang singkat, tak lantas membuat mereka gagal paham. Beberapa di antaranya ada yang memahami alur memainkan gamelan. Dengan antusias, mereka terlihat mengikuti arahan cara memainkan hingga menciptakan komposisi musik hingga enak didengar.

Koordinator Kerjasama Internasional Agung Wahyono PhD menjelaskan, kerjasama ini sebagai upaya membantu meningkatkan pendidikan antar kedua pihak. Seperti saling mengenal dan memaparkan warisan tradisi dan budaya masing-masing. “Kita mengenal budaya mereka, mereka juga mengenal kebudayaan kita. Salah satunya agenda belajar musik tradisional gamelan ini,” katanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, Indonesia memang dikenal memiliki warisan tradisi dan budaya yang begitu melimpah. Kekayaan budaya itu harus membuat para mahasiswa bangga. Salah satunya dengan melestarikan kebudayaan tersebut. Apalagi, budaya Indonesia cukup dikagumi oleh mahasiswa asing. “Buktinya mereka ingin belajar tentang karakter dan budaya Indonesia,” ungkapnya.

Menurut Agung, selain mengenal alat musik tradisional, agenda mahasiswa Korea Selatan selama di Indonesia juga dikenalkan tentang permainan tradisional. Kemudian mereka bakal diajak melihat lokasi wisata populer di Indonesia yaitu Gunung Bromo.

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih