Ajaran Baru, MA Bebas SPP

MENANTI SEKOLAH GRATIS: Madrasah aliyah (MA) akan menjadi sasaran selanjutnya dalam pemerataan kebijakan program subsidi SPP gratis di Jawa Timur.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Setelah diberlakukan untuk SMA/SMK, kini sumbangan pembinaan pendidikan atau SPP gratis akan segera digulirkan untuk jenjang madrasah aliyah (MA) yang berada di bawah Kementerian Agama (Kemenag). Rencananya, program SPP gratis tersebut mulai berlaku pada tahun ajaran baru 2020-2021 mendatang.

IKLAN

Kebijakan yang telah direncanakan 2019 itu tentu bakal disambut baik oleh lembaga MA, baik negeri maupun swasta. “Tahun ajaran baru ini SPP MA sudah disubsidi. Besarannya sekitar Rp 2 juta per siswa per tahun,” ucap Edy Sucipto, Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Jember.

Subsidi itu, kata dia, merupakan kelanjutan dari program Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Sebelumnya, program serupa sudah didahului oleh lembaga SMA dan SMK. Sedangkan lembaga MA sendiri, sebelumnya masih memberlakukan dana silang atau partisipasi dari masyarakat.

Dengan adanya subsidi itu, ia menegaskan, sekolah tidak perlu lagi memungut SPP atau sejenisnya. “Jika mengacu pada regulasi subsidi SMA-SMK kemarin, sekolah memang sudah tidak diperkenankan menarik iuran lagi. Baik itu untuk seragam, ujian, maupun lainnya,” jelas Edy.

Informasi lainnya, SPP gratis untuk MA itu akan mulai diberlakukan pada Juli mendatang. Program Pendidikan Gratis dan Berkualitas (TisTas) itu menjadi wacana Pemprov Jatim sejak lama dengan tujuan mengurangi angka putus sekolah di Jawa Timur.

Hanya saja, dengan kondisi wabah korona saat ini, belum ada edaran lanjutan mengenai kebijakan itu. Namun Edy meyakini, dalam waktu-waktu dekat sudah pasti akan dilayangkan. “Kita tunggu saja edaran lanjutannya. Pasti ini terlaksana karena sudah direncanakan lama,” tandasnya.

Reporter : Maulana

Fotografer : Maulana

Editor : Mahrus Sholih