Mahasiswa S2 IAIN  PPL di Luar Negeri Jadi Pemateri di Malaysia dan Thailand

Bagus Supriadi/Radar Jember PPL KE LUAR NEGERI: Pembekalan pada mahasiswa Prodi PAI dan PGMI yang akan melaksanakan PPL ke Malaysia dan Thailand.

KALIWATES – Mahasiswa Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN ) Jember bakal melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di luar negeri. Yakni Malaysia dan Thailand. Selain mengamalkan ilmu yang telah dipelajari, juga studi banding ke perguruan tinggi di Malaysia.

IKLAN

Ketua Program studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana IAIN Jember Dr Mashudi menjelaskan, PPL tersebut merupakan kegiatan akademik yang harus dilakukan oleh mahasiswa pascasarjana. “PPL penting, karena ada aktivitas akademik yang dilakukan,” terangnya.

Selain itu, kata dia, kegiatan itu merupakan penerapan teori yang sudah dipelajari di bangku kuliah selama dua semester di pascasarjana. Mereka yang akan berangkat merupakan mahasiswa dari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).

Menurut dia, di Malaysia dan Thailand akan mengunjungi berbagai lokasi. Salah satunya adalah Universitas Utara Malaysia (UUM). Di Thailand, akan menyelenggarakan beberapa kegiatan pendidikan di sekolah. Mulai dari mengajar hingga menjadi pembicara dalam pertemuan dengan para pengelola pendidikan. Selain itu, juga observasi di pondok pesantren dan perguruan tinggi di dua negara tersebut.

Mashudi menambahkan, PPL itu juga untuk meningkatkan wawasan para mahasiswa. Sehingga, mereka bisa memiliki sikap profesional sebagai seorang pembelajar. Kemudian, mahasiswa tak hanya mampu dalam forum ilmiah lokal. Namun, juga terlibat dalam forum ilmiah tingkat internasional.

Kemudian, juga untuk meningkatkan profesionalitas para guru yang menempuh studi di Pascasarjana IAIN Jember. PPL tersebut direncanakan berangkat pada akhir Agustus 2018 mendatang. Harapannya, mahasiswa memiliki pengalaman secara faktual. “PPL itu juga merupakan pengabdian,” terangnya.

Sementara itu, Amran Jehsoh, perwakilan dari Thailand yang akan mendampingi perjalanan PPL ke dua negara tersebut menambahkan, ada beberapa tempat yang akan dikunjungi. Selama lima hari, para mahasiswa diajak untuk melihat beberapa lembaga pendidikan.

Beberapa tempat yang akan dikunjungi meliputi Putrajaya Malaysia, Genting Highland Kualalumpur, dan beberapa tempat lainnya. Begitu juga dengan Thailand, beberapa tempat sudah ditunjuk untuk menjadi tempat kunjungan mahasiswa. Seperti ke Pattani, Songkla, dan lainnya. (kl/gus/c2/ras)

Reporter :

Fotografer :

Editor :