Pernyataan Mendikbud pada Dies Natalis ke-56 Unej

Unej Berperan Penting Memajukan Jember

BERI APRESIASI: Menteri Pendidikan Nadiem Makarim saat menyampaikan ucapan selamat ulang tahun Universitas Jember yang ke-56 melalui zoom meetings, Selasa (10/11)

TEGALBOTO.RADARJEMBER.ID- Civitas akademika Universitas Negeri Jember (Unej) menggelar rapat senat terbuka memperingati hari jadi Unej yang ke-56 tahun. Meski digelar secara virtual, acara ini berlangsung meriah. Dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim melalui aplikasi zoom meeting, Selasa (10/11).

Pada kesempatan tersebut, Nadiem menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi terhadap Unej yang telah memperjuangkan kecerdasan bangsa selama 56 tahun lamanya.
“Selamat kepada segenap civitas akademika serta keluarga besar Universitas Jember atas hari jadinya yang ke-56,” ungkapnya.

Ia juga menejelaskan, bahwa saat ini pendidikan tinggi di seluruh dunia sedang mengalami tantangan besar. Baik dari kemajuan teknologi informasi dan telekomunikasi, dan juga pandemi Covid-19 yang berdampak pada seluruh elemen pendidikan.

Jika pendidikan tinggi tidak memberi pembelajaran, pengalaman atau bekal yang ada di luar kampus, menurutnya Indonesia akan sulit melompat, menyusul pendidikan-pendidikan kelas dunia lainnya. “Cara terbaik untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan memberi kesempatan pada mahasiswa,” tutur Nadiem.

Nadiem menegaskan, bangsa Indonesia membutuhkan lulusan yang unggul, serta mampu memecahkan permasalahan industri dan sosial masyarakat. Tidak hanya berlaku bagi mahasiswa, namun juga dosen sebagai tenaga pendidik. Keduanya harus sama-sama diberi kesempatan untuk menggali pengalaman dan penelitian di luar kampus, guna mendapatkan ilmu yang dapat dibawa ke dalam perguruan tinggi.

“Hal tersebut telah dilakukan di Universitas Jember sehingga menjadikan Jember sebagai kota yang kreatif dengan inovasi sosial masyarakat. Saya tidak meragukan peran penting Unej dalam menjadikan Jember menjadi maju seperti saat ini,” kata dia.

Lebih lanjut Nadiem menambahkan, unsur yang tak kalah penting dari program yang dilaksanakan tersebut ialah harus berorientasi ke masa depan. “Ke depan bangsa ini semakin maju berkat civitas akademika Universitas Jember. Teruslah berkarya demi mencerdaskan kehidupan bangsa,” imbuhnya. (*)

Editor:
Reporter: mg2
Fotografer: mg2