Paskibraka Dikarantina 25 Hari Sebelum Mengibarkan Bendera Merah Putih 17 Agustus 2018

Sholikhul Huda/Radar Ijen PASKIBRAKA: Inilah para siswa yang tengah menjalani latihan Paskibraka. Sebanyak 72 Paskibraka dikarantina selama 25 hari sebelum bertugas mengibarkan Bendera Merah Putih dalam Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2018 mendatang.

RADARJEMBER.ID- Sebanyak 72 peserta setiap harinya menjalani latihan Paskibraka di Alun-Alun RBA Ki Ronggo. Sebanyak 55 di antaranya adalah pelajar SMA dan sisanya adalah militer. Khusus untuk siswa, mereka dikarantina selama 25 hari dan mengambil cuti sekolah. Mereka dipersiapkan untuk mengibarkan Bendera Merah Putih dalam Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2018 mendatang.

IKLAN

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Ahmad Prayitno mengatakan, total ada 72 orang yang tergabung dalam paskibra. Sebanyak 55 pelajar dan 19 TNI. Paskibraka dilatih oleh tim andal dari TNI. “Siswa yang jadi Paskibraka itu libur, karena ini tugas negara, mereka dikarantina dan dilatih secara maksimal,” tegasnya.

Para anggota paskibraka itu berasal dari berbagai SMA. Mereka semua harus sehat dan dijaga kesehatannya. Karenanya, dalam karantina mereka diberi makanan bergizi sampai dikontrol kesehatannya. “Jika ada yang pingsan saat latihan, langsung diganti,” tuturnya.

Mereka semua disiapkan untuk detik-detik proklamasi, parade senja dan pengukuhan. Tugas para Paskibraka itu menjadi tim inti pengibaran sampai penurunan bendera pada perayaan HUT Kemerdekaan 17 Agustus 2018.

Sementara Imam Darwoto salah seorang pelatih mengatakan, setiap hari latihan fisik dan PBB. Harapannya melalui Paskibraka inilah terbentuk watak dan kepribadian serta mengarahkan perilaku dan sikap mentalnya sebagai generasi penerus bangsa ke depan. Sekaligus mengarahkan mereka agar dapat meneladani jiwa dan semangat juang para pahlawan pendahulu dalam mempertahankan dan menegakkan Kemerdekaan NKRI. Harapan ke depan dapat tetap mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa dan menjadi pemuda pemudi bangsa. “Hal semacam ini penting agar kita sebagai bagian dari komponen bangsa mampu mengemban tugas di dalam mengisi kemerdekaan serta menjaga kedaulatan dan keutuhan negara NKRI,” tegasnya.

Reporter & Fotografer: Sholikhul Huda
Editor : Narto
Editor Bahasa: Imron Hidayatullah

Reporter :

Fotografer :

Editor :