226 Mahasiswa Mandala KKN di Tiga Kabupaten

STE MANDALA FOR RADAR JEMBER SEMANGAT: 200 lebih Mahasiswa STE Mandala Jember siap diterjunkan di tiga Kabupaten, yakni Jember, Banyuwangi dan Bondowoso

RADARJEMBER.ID- Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mandala Jember (STIE Mandala) melepas  mahasiswanya untuk mengikuti kuliah kerja nyata (KKN), Rabu (01/08/18). Mereka terdiri dari 226 mahasiswa yang terbagi menjadi 30 kelompok, serta satu kelompok yang terdiri 10 orang. Di antaranya juga ada yang ber-KKN di luar negeri, karena mereka mengikuti beasiswa Join de Gree di RMUTT Thailand.

IKLAN

Acara KKN sendiri dibuka oleh Ketua STIE Mandala Jember Dra Agustin HP MM, bersama Kepala P3M STIE Mandala Dr Gatot Sugeng Purwono MS. Ini merupakan KKN angkatan tahun 2018 dengan mengusung tema Postdaya. Mereka tersebar di berbagai kecamatan dan desa di tiga  kabupaten, yakni Jember, Banyuwangi, dan  Bondowoso. Kegiatan KKN tersebut, kata Agustin, merupakan mata kuliah wajib bagi setiap mahasiswa STIE Mandala, sekaligus sebagai salah satu wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Ketua STIE Mandala Agustin mengapresiasi pemerintah daerah, terutama pemerintah desa yang telah menerima dengan baik, untuk menjalankan program KKN reguler bertema Postdaya. Dia menekankan bahwa KKN merupakan wadah dan sarana bagi mahasiswa untuk mengembangkan ilmu yang diperoleh di kampus sesuai dengan tematik yang ditentukan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M). “KKN ini berlangsung selama satu bulan penuh,” imbuhnya

Ketua P3M STIE Mandala Dr Gatot Sugeng Purwono MS menambahkan, KKN tersebut berkaitan dengan kemandirian ekonomi dan desa mandiri, serta program bina desa. Kelak, kata dia, mereka akan berperan penuh bagaimana melakukan pemetaan ulang, pembuatan program kerja, serta melakukan diskusi mendalam terkait dengan program yang telah dibuatnya. “Kami berharap KKN ini bisa bermanfaat bagi mahasiswa ataupun untuk masyarakat,” tandasnya.

Menurut Dr Gatot, posisi mahasiswa pada saat sekarang ini diharapkan mampu menjadi mitra antara pemerintah daerah, utamanya pemerintah desa dengan  STIE Mandala. Untuk mahasiswa yang mengikuti program KKN Bina Kampus Posdaya, kata dia, juga bisa berperan aktif dalam program bina desa mandiri, dan pemberdayaan desa. “Termasuk mengadakan seminar, serta memberikan ilmu yang didapat di kampus,” imbuh Humas STIE Mandala, Drs Farid Wahyudi MKes.

Editor : M. Shodiq Syarif
Editor Bahasa: Yerri A Aji

Reporter :

Fotografer :

Editor :