Vaksinasi pada Siswa di Jember Masih Rendah Karena Ini

Ratusan Siswa Dapat Vaksin, Menjerit Sebelum Disuntik

SLAWU, RADARJEMBER.ID – Menyongsong pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM), pemerintah terus menggencarkan vaksinasi. Tak hanya kepada guru dan tenaga kependidikan, tapi juga menyasar siswa. Seperti kepada ratusan siswa SMPN 7 Jember, kemarin (6/9).

Pelaksanaan vaksinasi di sekolah yang berada di Kelurahan Slawu, Kecamatan Patrang, itu bekerja sama dengan Kodim 0824 Jember, Dinas Kesehatan Jember, Puskesmas Patrang, dan Puskesmas Banjarsengon. Selain mengikuti vaksinasi masal di sekolah, puluhan siswa di sekolah ini juga ada yang sudah melakukan vaksinasi secara mandiri.

Pantauan Jawa Pos Radar Jember, dari ratusan siswa yang mendapat vaksin, ada beberapa yang terlihat stres, sehingga saat melihat jarum suntik mereka menutup mata. Bahkan, ada yang sampai berteriak histeris ketika jarum suntik menempel di kulit lengan kirinya. Meski begitu, ada banyak siswa yang tampak cukup tenang. Mereka antusias mengikuti vaksinasi tersebut.

Sukma Arum Dwika Putri adalah salah satunya. Siswi itu mengaku tidak merasakan sakit sama sekali dan tidak seperti apa yang ia bayangkan sebelumnya. “Vaksin ini sangat penting agar imunitas kita lebih kuat,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Jember Bambang Hariono menyambut baik vaksinasi tersebut. Dia berharap kegiatan ini tidak hanya dilakukan di SMPN 7 Jember, namun juga diikuti oleh sekolah lainnya. Sebab, kata dia, banyak siswa yang usianya sudah 12 tahun lebih yang membutuhkan vaksin. “Apalagi, dengan vaksin ini akan segera ada pembelajaran tatap muka,” jelasnya.

Kepala SMPN 7 Jember Syaiful Bahri mengatakan, siswa yang divaksin total ada 600 anak. Tahap pertama sudah lebih dari 300 siswa yang mengikutinya, yang saat itu dilaksanakan oleh Polres Jember. “Untuk gelombang kedua dengan 600 siswa ini kami bekerja sama dengan Kodim 0824 Jember,” tutur Syaiful.  Menurut dia, di sekolahnya sudah 100 persen mengikuti vaksinasi. Mulai dari guru, tenaga kependidikan, hingga para pelajar.

Sementara itu, Dandim 0824 Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin mengatakan, pihaknya menyiapkan 750 dosis untuk 600 siswa di SMP 7 Jember ini. “Kegiatan ini kami laksanakan terus-menerus di beberapa sekolah yang ada di Jember. Baik itu SMP, SMA, ataupun pondok pesantren dan perguruan tinggi,” terangnya.