Kader HMI Dicetak Jadi Pengusaha Profesional

BANGGA: Ketua PB HMI, bidang Kewirausahaan, Aris Shoim ketika memberi motivasi kepada peserta pelatihan kewirausahaan kader HMI di Hotel Royal Jember Sabtu lalu (4/8)

RADARJEMBER.ID– Sebanyak 35 kader HMI Cabang Jember , antusias mengikuti pelatihan kewirausahaan yang diselenggarakan Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI), di Hotel Royal, Sabtu kemarin (4/8)

IKLAN

Menurut Aris Shoim, anggota PB HMI bidang Kewirausahaan, ketatnya persaingan dalam semua bidang usaha saat ini, memaksa mahasiswa harus benar-benar cerdas dalam mengambil segala momen kesempatan. Kondisi inilah yang membuat PB HMI meluncurkan program Gerakan 15.000 Pengusaha HMI untuk menjadi pengusaha profesional. Jumlah ini baru sekitar 2 persen  dari total kader HMI yang ada,” ujarnya.

Aris Shoim berharap setelah kegiatan tersebut berakhir, diharapkan peserta bisa menjadi embrio baru bagi rekan kadernya di komisariat masing-masing. Dia berharap agar nantinya kader HMI tak hanya terfokus pada dunia politik saja, seperti yang selama ini terasa cukup menonjol. Jember sendiri, kata Aris, menjadi titik ke tiga, setelah Unpad Jatinangor, dan Sampit, Kaltim. “Selanjutnya kami akan melakukan pelatihan di Jogjakarta, Tanggerang, Jakarta Timur, Sumatra. Kami menargetkan 60 titik, yang tersebar dalam 33 provinsi,”  imbuhnya.

Pelatihan yang di dukung langsung oleh Kementerian Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia, Kahmi Entrepreneur, ini juga mengupayakan bias menggandeng, Kementerian Pemuda dan Olahraga, serta lembaga yang lain. “Doakan saja agar semua agenda tersebut bias segera terealisasi,” katanya.

Perasaan bangga dari segenap anggota HMI Jember terlihat di wajah mereka. Ketua Umum HMI Cabang Jember Aric Wibowo, mengutarakan rasa bangga karena Jember dijadikan titik ketiga dari 60 titik yang di rencanakan oleh pengurus besar. Dia optimistis lewat pelatihan tersebut akan muncul seorang entrepreneur milenial yang akan menopang perekonomian Indonesia, khususnya Jember. ”Sudah ada sebuah chemistry yang dirasakan, yaitu HMI Cabang Jember memiliki bidang kewirausahaan sama dengan PB  HMI,” jelasnya.

Pelatihan yang berlangsung dua hari itu diikuti oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, mulai dari Universitas Muhammadiyah Jember, Universitas Jember, IAIN Jember, STIE Widya Gama Lumajang, dan perguruan tinggi lain. “Semua itu tergabung dalam keluarga besar HMI Cabang Jember,” pungkas Aric Wibowo. (kr/mg2/c1/sh)

Reporter : mg2
Editor :M. Shodiq Syarif
Editor Bahasa: Yerri A Aji

Reporter :

Fotografer :

Editor :