Saka Bakti Husada Dinas Kesehatan Lumajang Berangkat Menuju Pertida Jatim 

Ika Angraeni for RAME SEMANGAT: Kontingen Saka Bakti Husada Dinkes Lumajang semangat untuk mengikuti Perkemahan Bakti Daerah Bumi Perkemahan Prigi, Watulimo, Trenggalek.

LUMAJANG   Satuan Karya Pramuka (Saka) Bakti Husada (SBH) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lumajang melepas kontingennya untuk mengikuti Perkemahan Bakti Daerah (Pertida) Jawa Timur (Jatim) yang keenam, kemarin (5/7). Kegiatan itu dijadwalkan berlangsung di Bumi Perkemahan Prigi, Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Mulai 10 hingga 14 Juli 2018.

IKLAN

Mereka menjadi bagian dari 30 delegasi SBH sejumlah daerah di Jatim. Masing-masing kontingen akan saling berkompetisi dan kembali pulang dengan membawa penghargaan terbaik. Selama lima hari, mereka akan mengikuti kegiatan yang sifatnya inovatif, edukatif, rekreatif, hingga yang mengarah pada bakti masyarakat. Dengan slogan Sehat, Terampil, Gembira.

Pimpinan Pramuka Saka Bakti Husada Tingkat Cabang Lumajang, dr Rosyidah menuturkan, Pertida tahun ini bertema Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) sebagai fokus kegiatannya. Untuk itu, fokus kegiatan utama yang bakal dilakukan peserta nantinya adalah bakti Germas kepada masyarakat sekitar. “Sementara moto kegiatannya, Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan,” ucap dr Rosyidah.

Jauh beberapa pekan sebelum diberangkatkan, kata dia, seluruh anggota kontingen SBH Lumajang sudah melakukan latihan pemantapan rutin setiap harinya. Perjuangan itu, kata dr. Rosyidah, diharapkan bisa membawa penampilan terbaik sepanjang jalannya rangkaian Pertida di Trenggalek. ”Untuk itu, kami sangat berterima kasih kepada para orang tua anggota kontingen yang telah tulus ikhlas memperbolehkan dan mendampingi putranya dalam latihan, serta antar jemput,” ucapnya.

Dia menjelaskan, SBH merupakan wadah pengembangan pengetahuan, pembinaan keterampilan, panambahan pengalaman, serta pemberian kesempatan bagi generasi muda untuk mengabdikan dirinya kepada masyarakat dalam bidang kesehatan. Setiap anggota SBH bakal mendapat pembekalan tentang kesehatan, yang meliputi pengetahuan tentang gizi, obat, pengendalian penyakit, keluarga sehat sampai lingkungan sehat. “Saka itu kan ada banyak. Selain Saka Bakti Husada, ada Saka Bhayangkara, Saka Bahari, dan yang lainnya. Masing-masing memfokuskan pada hal (krida) yang berbeda,” paparnya.

Para Saka SBH Dinkes Lumajang banyak direkrut dari Pramuka tingkat pelajar, mulai dari penegak hingga pandega. Para pelajar itu mulai mengenal dan terlibat dalam SBH, setelah Dinkes dan Puskesmas di Lumajang melakukan promosi ke sekolah-sekolah. (kl/was/mgc/aro)

Reporter :

Fotografer :

Editor :