Daftar Polije Bisa Lewat SBMPTN

JALUR PENDAFTARAN: Website pendaftaran SBMPTN yang juga ada pilihan delapan politeknik negeri, termasuk Polije.

SUMBERSARI.RADARJEMBER.ID- Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) secara resmi dibuka, Selasa 2 Juni hingga 20 Juni nanti. Tapi untuk SBMPTN tahun ini juga bisa memilih kampus vokasi yaitu politeknik negeri. Ada delapan politeknik negeri di Indonesia yang bisa menjadi pilihan calon mahasiswa, salah satunya adalah Politeknik Negeri Jember (Polije).

IKLAN

Direktur Polije Saiful Anwar mengatakan, pada awalnya masuk kampus negeri secara sederhana dibagi menjadi dua. Yaitu kampus universitas dan institut negeri melalui jalur SBMPTN, dan kampus vokasi yaitu politeknik negeri melalui Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN). Jadwal SBMPN telah dibuka terlebih dahulu 19 Mei – 25 Juni, sedangkan SBMPTN dibuka 2-20 Juni.

Tapi sekarang, saat memilih jalur SBMPTN juga disematkan untuk bisa memilih kampus vokasi yaitu politeknik negeri. Pendaftaran SBMPN bisa diakses di www.sbmpn.politeknik.or.id. Sementara SBMPTN satu jalur https://ltmpt.ac.id/. Saat memasuki website tersebut juga terdapat pilihan SBMPTN. Jika klik SBMPTN, juga terdapat pilihan daftar PTN dan politeknik negeri.

Menurut Saiful Anwar, delapan politeknik negeri yang diundang bergabung bersama dengan jalur SBMPTN, kaitannya dengan keinginan menyatukan sistem seleksi mahasiswa baru serta bentuk perhatian akan penting dan strategisnya perguruan tinggi vokasi. “Dengan dibentuknya Ditjen Pendidikan Vokasi, maka jargonnya pun luar biasa yaitu vokasi kuat mengungatkan Indonesia,” jelasnya.

Kemendikbud melalui Ditjen Diksi berharap besar agar politeknik negeri itu melakukan pernikahan masal dengan industri. Artinya, kerjasama yang dilakukan oleh kampus vokasi yaitu politeknik negeri tidak hanya sekadar kerjasama tanda tangan MoU atau untuk magang saja. Tapi juga dilakukan secara menyeluruh. Mulai evaluasi kurikulum, serapan tenaga kerjanya, uji kompetensinya, magang, hingga riset. Sehingga, politeknik negeri bisa mencetak lulusan yang sesuai kebutuhan dunia industri.

Kepala Unit Humas dan Kerjasama Polije Mahsus Nurmanto menambahkan, dari total 43 politeknik negeri di Indonesia, yang bergabung di SBMPTN ada delapan. Delapan politeknik negeri tersebut meliputi, Politeknik Negeri Batam, Politeknik Negeri Bengkalis, Politeknik Negeri Padang, Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Media Kreatif, Politeknik Negeri Banyuwangi, Politeknik Negeri Jember, dan Politeknik Pertanian Negeri Samarinda.

Mahsus menegaskan, calon mahasiswa juga harus ingat pendaftaran jalur SBMPTN terakhir 20 Juni pukul 22.00. “Bukan pukul 00.00 atau 23.59. Tapi 22.00 atau jam 10 malam,” tegasnya. Sementara pelaksaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dilakukan tanggal 5-12 Juli, sementara pengumuman SBMPTN 25 Juli 2020. (kl)

Reporter : Dwi Siswanto

Fotografer : Dwi Siswanto

Editor : Mahrus Sholih