Pascasarjana IAIN Jember

Lahirkan Doktor dan Magister Secara Daring

TANPA TATAP MUKA: Sejumlah mahasiswa Progam Doktor Pascasarjana IAIN Jember saat mengikuti ujian yang digelar secara daring, Senin (27/4) lalu.

KALIWATES.RADARJEMBER.ID– Meski di tengah pandemi Covid-19, namun aktivitas akademik di Pascasarjana IAIN Jember tetap berjalan. Bahkan, pelaksanaan ujian juga tetap dilaksanakan sesuai jadwal. Tapi, ujian tersebut tak dilakukan secara langsung dengan tatap muka, melainkan secara daring.

IKLAN

Wakil Direktur Pascasarjana IAIN Jember Aminullah Elhadi menuturkan, ujian secara daring itu memang disiapkan selama masa pandemi Covid-19. Ini agar layanan akademik tetap berjalan, temasuk penyelenggaraan ujian.

Mulai ujian kualifikasi tulis, ujian kualifikasi lisan, seminar proposal disertasi, seminar hasil penelitian disertasi, ujian tertutup dan terakhir ujian terbuka, semua tetap berlansung sesuai jadwal dan dilaksanakan via daring. “Dari enam tahapan itu, hanya ujian terbuka yang dilaksanakan secara langsung dan terbatas,” ucapnya.

Dalam pelaksaan ujian tersebut, para audiens tidak ada di lokasi ujian atau di kampus. Mereka terkoneksi melalui siaran streaming YouTube secara langsung di akun ofisial IAIN Jember.

Sedikitnya, terdapat empat mahasiswa progam doktor yang mengikuti ujian daring yang dillaksanakan pada Senin (27/4) lalu. Antara lain, Ahmad Muadin, Siti Nursyamsiyah, Siti Aimah, dan Shinta Nento. Mereka semua adalah mahasiswa jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Pascasarjana IAIN Jember.

Selain itu, Aminulllah menambahkan, kebijakan tersebut tak hanya berlaku untuk mahasiswa progam doktor saja, namun juga yang menempuh progam magister.

Model perkuliahan dan ujian daring ini akan dihentikan jika pemerintah telah mengumumkan pandemi Covid-19 telah berakhir atau kondisi sudah normal kembali. “Termasuk ujian terbuka, tidak lagi menjadi terbuka terbatas, tetapi menjadi terbuka seperti sebelumnya,” pungkasnya. (kl)

Reporter : Maulana

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih