Jaring Pelajar Berprestasi dengan Olimpiade

AJANG CARI MINAT. Mahiswa FKIP Universitas Jember menggelar olimpiade Bioetanol untuk mengukur minat pelajar terhadap pelajaran biologi.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Program Studi Pendidikan Biologi menggelar Olimpiade Biologi Bioetanol se Jawa Timur dan Bali di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember Untuk mengetahui ketertarikan pelajar terhadap mata pelajaran biologi.

IKLAN

Olimpiade itu pertama digelar tahun 2012 lalu, di tahun 2019 kegiatan tersebut diikuti oleh 2503 perwakilan SMP dan SMA sederajat.

Muhammad Dimas Nasihudin, penanggung jawab olimpiade biologi Bioetanol sekaligus Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi “Lumba-Lumba” mengatakan, lomba tersebut berlangsung mulai awal September lalu.

“Dari ribuan peserta olimpiade diambil 250 untuk melenggang ke babak semifinal baik katagori SMP maupun SMA, lantas diambil 5 peserta tim SMP dan 5 orang SMA untuk berebut posisi juara,” ujar Dimas.

Alumni SMA Negeri 2 Jember tahun 2017 itu menambahkan, total hadiah lomba olimpiade itu sebesar Rp.20.000.000 dan piala kejuaraan.Dari catatan panitia lomba, peserta kali ini meningkat 10% dari tahun lalu.

Dina Avanza Mardiana, pelajar kelas X SMA Negeri 1 Pamekasan mengatakan, ia mengikuti olimpiade di FKIP Universitas Jember itu bukan pertama kali karena tahun 2018 lalu mendaftarkan diri dilomba serupa.

“Tahun lalu sih belum mendapatkan juara, entahlah untuk tahun sekarang bisa menang atau tidak,” terang Dina.

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor :