SMP 3 Jawara Lomba KTI Perpusda, Empat Tahun Beruntun Jadi Pemenang

Eko Saputro/Radar Ijen KAMPIUN-Kepala SMP Negeri 3 Endang Pujiastuti bersama para guru dan anak didiknya.

BONDOWOSO RADARJEMBER.ID – SMP Negeri 3 Bondowoso yang merupakan salah satu sekolah favorit terus mengukir prestasi. Prestasi dalam bidang akademik dan nonakademik telah digapai oleh siswa-siswinya berkat bimbingan kepala sekolah dan para gurunya.

IKLAN

Dalam kegiatan peringatan HUT RI ke-73 dan Festival Muharam 1440 H beberapa waktu lalu, mereka berhasil meraih juara 1 pawai pembangunan,  juara 1 karya tulis ilmiah (KTI),  juara 2 KTI,  juara 2 parade drumband kategori umum untuk marching band, juara 1 colour guard (CG) kategori umum.

“Dalam lomba KTI yang diselenggarakan bapeda atau badan pembangunan daerah, siswa-siswi kami  meraih prestasi  sebagai juara 1. Dan,   itu berlangsung selama empat tahun berturut-turut,” ungkap Kepala SMP Negeri 3 Bondowoso Dra Endang Pujiastuti, kepada Jawa Pos Radar Ijen.

Menurut Endang,  pada tahun 2015 lomba KTI siswanya meraih juara satu. Mereka adalah   Sherly, Inas, Nico. ”Ketiganya ini membuat KTI bertema pengembangan diri sebagai solusi mengatasi kenakalan remaja,” katanya.  Pada 2016 Lomba KTI, kata Endang, siswanya juga meraih juara 1.”Mereka adalah Triyana Oktavia dan Gebby Yanuar Dwiyanti. Keduanya membuat  sebuah aplikasi Radar  pada smartphone sebagai solusi pencegahan penyalahgunaan narkoba pada remaja,” katanya.

Kemudian pada 2017 lomba KTI, juga meraih juara 1. “Mereka terdiri dari Primahesti Gitri Zuhudia, Yunita Tryas Viantika, Diana Puspitasari. Judul karya tulisnya adalah lomba menulis cerpen sebagai solusi pencegahan pernikahan dini pada siswa,” katanya. Juga, pada tahun yang sama meraih juara 3, dengan  judul KTI  kader remaja sadar masa depan (Jarsapa) sebagai solusi pencegahan pernikahan dini di SMP Negeri 3 Bondowoso .”Mereka terdiri dari Rahmanda Tiara Putri, Nabila Rizq Ardiyanti, Cantika Dwi Savira,” katanya.

Sedangkan  pada tahun 2018  ini meraih juara 1 dengan nama-nama siswanya, Primahesti Gitru Zuhudia,  Lung Ayu Natasha, Wulan Trias Rahayu. “Ketiganya ini membuat KTI tentang Pembuatan Printed Wall Magazine (PWM) sebagai solusi Pencegahan HIV/AIDS pada siswa,” katanya. Serta, juara 2  dengan judul atau tema   pembuatan media berbasis audio visual sebagai solusi pencegahan HIV/AIDS pada siswa. “Tim KTI terdiri dari  Rahmanda Tiara Putri, Mubarakatun Thayyibah, Nur Hasanah,” katanya.

Bahkan,  kata dia, saat lomba KTI yang diadakan oleh Kantor Perpustakaan Daerah Bondowoso,  tim KTI SMP Negeri 3 meraih juara satu  selama dua tahun berturut-turut. “ Tahun 2015 juara 2 dengan judul KTI Pengaruh Budaya Baca Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Mereka terdiri dari Gladin, Hasna, Hendri, Aliffiyanti,” katanya. Juga, pada tahun 2016 meraih juara 1 dengan judul Duta Baca untuk Meningkatkan Budaya Baca dengan tim KTI terdiri dari Anggita Rizky, Inas, dan Iftitah.

Pada tahun 2017 meraih juara 1 dengan judul lomba  pembuatan komik dan bercerita untuk meningkatkan minat baca pada siswa dengan tim KTI bernama Triyana Oktavia, M. Prastyo, Primahesti, Riris. Serta, juara 2 dengan judul Pembuatan Spy paper untuk meningkatkan minat baca pada remaja dengan tim KTI Gebby Yanuar, Dwi Rizki, Rahmanda, Arief.

Selain itu, Endang menambahkan  pihaknya juga mengaktifkan kegiatan OSIS dengan  mengadakan pesta demokrasi  reformasi OSIS 2018-2019.”Ini merupakan kegiatan demokrasi di sekolah yang baru saja digelar,” katanya.

Reporter : Eko Saputro
Editor : M. Shodiq Syarif
Editor Bahasa: Yerri A Aji

Reporter :

Fotografer :

Editor :