Pascasarjana IAIN Jember Berikan Relaksasi UKT

Dikhususkan bagi Mahasiswa yang Mengerjakan Tugas Akhir

MASA KENORMALAN BARU: Aktivitas akademik di Pascasarjana sebelum Covid-19. Kini, memasuki tahun ajaran baru, sejumlah regulasi ditetapkan. Termasuk yang berkaitan dengan UKT.

KALIWATES.RADARJEMBER.ID– Masa kenormalan baru, kebijakan relaksasi Uang Kuliah Tunggal (UKT) mahasiswa kian banyak ditunggu. Kali ini datang dari Pascasarjana IAIN Jember yang turut hadir memberikan relaksasi UKT.

IKLAN

Direktur Pascasarjana IAIN Jember Prof Abdul Halim Soebahar menjelaskan, relaksasi UKT itu menjadi kebijakan layanan akademik dalam masa pandemi ini. Karena diyakini, sedikit banyak ada mahasiswa yang terdampak wabah Covid-19 sejak Maret lalu hingga saat ini.

“Mahasiswa yang tugas akhir, diberi toleransi waktu penyelesaiannya. Yang penting, berkas tesis atau disertasi mereka yang mau ujian pada September sudah diserahkan,” ulasnya.

Jika pada program Strata 1 IAIN Jember, relaksasi UKT diberikan kepada semua mahasiswa. Mereka bisa mengajukan penundaan waktu atau pembayaran dicicil dengan beberapa syarat dan ketentuan. Namun tidak demikian di Pascasarjana IAIN.

“Di pasca hanya ada kebijakan penundaan pembayaran sampai dengan September, dikhususkan bagi mahasiswa semester akhir, atau yang hanya tinggal mengerjakan tugas akhir (tesis atau disertasi, Red),” jelasnya.

Sementara untuk mahasiswa lainnya, lanjut Prof Halim, seperti mahasiswa reguler, tetap membayar UKT seperti biasanya. Hal itu dinilainya sudah menjadi kewajiban mahasiswa. Terlebih lagi, selama pandemi kemarin hingga hari ini, mereka mendapatkan subsidi paket data untuk melangsungkan perkuliahan secara daring. (kl)

Reporter : Maulana

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih