Siapkan Desain Desa Edu Wisata

DESA BERDAYA: LP2M Universitas Jember bersama Pemerintah Desa Sogo’an, Pakuniran, Probolinggo, telah menyiapkan miniatur sebagai pilot project desa edu wisata.

RADARJEMBER.ID – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Jember terus mendampingi desa melalui mahasiswa KKN untuk mengembangkan potensi yang ada di desa. Salah satunya adalah pengembangan desa edukasi wisata di Desa Sogo’an Kecamatan Pakuniran, Probolinggo.

IKLAN

Koordinator Pusat (Korpus) KKN LP2M Universitas Jember Ali Badrudin mengatakan, Desa Sogo’an menjadi salah satu desa binaan LP2M yang lebih fokus kepada desa wisata. “Bulan juli kita akan adakan launching,” katanya.

Ali menambahkan, skema pengabdian menjadi salah satu pilihan dalam mendampingi desa-desa binaan. Melalui KKN tematik ini, pihaknya ingin mendorong untuk memunculkan potensi desa. Muaranya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan mashyarakat desa.

“Dalam upaya pemberdayaan dan pengembangan desa dilakukan dengan membangun potensi yang ada. Seperti halnya wisata edukasi,” ujarnya. Dia menyebut, pihaknya berusaha semaksimal mungkin mendampingi dan membina agar desa wisata tersebut bisa ikut mengerek perekonomian masyarakat setempat.

Kades Sogo’an Kusno mengaku sejalan dengan program itu. Ini, kata dia, juga merupakan ikhtiyar pemerintah desa dalam mengembangkan kesejahteraan masyarakat. Dia meyakini, jika edu wisata itu berjalan, maka kemajuan dan peningkatan ekonomi desa tinggal selangkah lagi. “Kami berharap besar agar Universitas Jember dapat mendampingi sampai menjadi desa wisata mandiri,” harapnya. (*)

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : Nurul Azizah

Editor : Mahrus Sholih