alexametrics
28.3 C
Jember
Saturday, 22 January 2022

CATEGORY:

Pendidikan

Komunikasi Literasi “5 W+1H”

Banjir informasi yang melimpah ruah dan menimpa khalayak di era digital saat ini melahirkan problematika sosial yang pelik.

Menyikapi Ekslusivisme Keberagaman

Sebenarnya, tulisan ini merupakan kelanjutan dari tulisan pertama yang berjudul “Mengarifi Perbedaan”

Mengarifi Perbedaan

“Relawan atas nama lembaga apapun yang datang ke Lumajang, tapi memiliki agenda selain kemanusiaan, silakan keluar dari Lumajang”, demikian kalimat penutup yang disampaikan oleh bupati Lumajang

Puluhan Mahasiswa UM Jember Tuntut Penurunan Biaya UKT

Puluhan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember yang mengatasnamakan Aliansi Suara Mahasiswa UM melakukan aksi meminta penurunan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Problem Kemandirian Pesantren Pada Penanggulangan Tindak Kekerasan Seksual

Masih hangat dalam ingatan kita tentang terjadinya kasus kekerasan seksual  di lingkungan pondok pesantren (baca: pesantren) yang  notabene-nya dilakukan oleh oknum ustadz atau  kiai.

Momentum Tahun Baru 2022 Mengembangkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam

Memasuki abad XXI atau millenium ketiga ini dunia pendidikan dihadapkan kepada berbagai masalah pelik yang apabila tidak segera diatasi secara tepat, tidak mustahil dunia pendidikan (khususnya pendidikan Islam) ditinggal oleh zaman.

Pentingkah Perumusan Kode Etik Nikah Sirri bagi Mahasiswa Aktif di Kampus?

Salah satu fenomena menarik yang luput dari perhatian  kita saat ini adalah maraknya praktik nikah sirri yang dilakukan oleh mahasiswa selama masa studi di kampus.

Ratusan Penghafal Al-quran Bondowoso Siap jadi Bumi Al-quran

Ratusan penghafal Alquran (hufaz) di Kabupaten Bondowoso yang terdiri atas hufaz 5, 10, hingga 30 juz, diberikan insentif secara langsung oleh bupati di pendapa, kemarin (30/12).

Quo Vadis Paradigma Keilmuan UIN KHAS Jember?

Pada awal 2021 status yang disandang Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember, berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 142/2014, telah beralih menjadi universitas.

Altruisme Wasatiyah dalam Panggung Intelektualisme

Menguatnya kembali arus konservatisme dalam kehidupan keberagamaan menjadi salah satu indikator penilaian kualitas demokrasi di Indonesia. Hal itu terlihat dalam buku berjudul Democracy in Indonesia: From Stagnation to Regression? (2020) yang menunjukkan dua kerentanan demokrasi yang tidak sehat, yaitu klientalisme elektoral yang tinggi dan politik-sosial yang semakin terpolarisasi.

Berita Terbaru