alexametrics
26.1C
Jember
Tuesday, 19 January 2021
Mobile_CP_Top Banner

CATEGORY:

Pendidikan

Jember Krisis Guru Agama

Jember masih kekurangan guru pendidikan agama Islam (PAI). Informasi yang diterima, jumlah guru agama di Jember kini hanya sekitar 300 orang. Padahal, instansi pendidikan yang memerlukan guru agama tidaklah sedikit. Setidaknya ada 900 SD. Jika setiap lembaga sekolah dasar terpenuhi 1 guru PAI, maka kebutuhannya mencapai 900 guru.

Kontrak Pendidikan, Cegah Pernikahan Dini

Pernikahan dini masih banyak terjadi di kawasan perdesaan di Jember. Salah satunya adalah di Kecamatan Pakusari. Di kecamatan ini, para remaja tamatan SD dan SMP, banyak yang memutuskan menikah lebih awal. Hal ini, terjadi lantaran paksaan orang tua atau karena pergaulan bebas.

Jangan Tuntut Nilai Tinggi

“Bunyi sila pertama adalah?” Begitulah salah satu soal yang tertuang dalam ujian semester kelas II SDN Kepatihan VI. Soal pilihan ganda tersebut membuat Bagus, pelajar kelas II SDN VI itu, bingung, apakah jawabannya A, B, atau C.

Unej Berperan Penting Memajukan Jember

Civitas akademika Universitas Negeri Jember (Unej) menggelar rapat senat terbuka memperingati hari jadi Unej yang ke-56 tahun. Meski digelar secara virtual, acara ini berlangsung meriah. Dihadiri oleh Mentri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim melalui aplikasi zoom meeting, Selasa (10/11).

Integrasikan Pesan Kesehatan dalam Pembelajaran

Kejenuhan semasa pandemi dapat banyak melahirkan ide kreatif dan inovatif. Salah satunya adalah program Kakak Guru, yang lahir dengan cita-cita untuk mengurangi dampak pembelajaran jarak jauh (PJJ) pada pelajar SD selama pandemi.

Visitasi Alih Status, IAIN Jember Kian Mantap Jadi UIN

Tahapan alih status IAIN Jember menuju UIN Jember berjalan cukup mulus. Hal itu setelah tim visitasi dari KementErian Sekretaris Negara beserta jajaran terkait, mendatangi IAIN Jember, akhir Oktober lalu.

Polije Siapkan Lulusan Berkompeten

Politeknik Negeri Jember (Polije) tetap konsisten dengan terus membuat lulusannya kompeten. Walau di tengah pandemi Covid-19, kampus vokasi negeri di Jember tersebut tetap melakukan uji kompetensi terhadap 300 calon wisuda dengan protokol kesehatan yang ketat.

Madrasah Uji Coba Kurikulum Baru

Tahun ajaran ini, semua tingkat kelas pada berbagai satuan pendidikan di madrasah akan mulai beradaptasi dengan perubahan kurikulum baru. Perubahan itu menyusul setelah diterbitkannya Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 183 Tahun 2019 dan KMA Nomor 184 Tahun 2019.

Sediakan Opsi Kuliah Daring Lebih Variatif

Perkuliahan daring dengan berbagai aplikasi belakangan ini mulai bermunculan. Seperti model perkuliahan yang ada di Pascasarjana IAIN Jember. Ada banyak opsi kuliah daring yang ditawarkan. Seperti Learning Management System (LMS), Zoom Meeting, Google Meet, Microsoft Team, dan Sistem Informasi Terpadu atau Sister.

Mendikbud: Di Masa Krisis, Kepedulian Sesama Meningkat

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menyampaikan, ada sisi positif dari pandemi yang mengakibatkan terjadi krisis kesehatan, ekonomi, dan pendidikan di Indonesia. Karena kepedulian masyarakat untuk membantu sesama semakin meningkat. Dan hal itu disebutnya sesuai dengan nilai-nilai dalam Pancasila.
Desktop_CP_Half Page
Mobile_CP_Half Page

Berita Terbaru

Desktop_CP_Rectangle 1