Bupati Rencanakan Pengembangan Ranu Pane

Bakal Jadi Wisata Strategis Terpadu

KOORDINASI: Bupati Lumajang Thoriqul Haq bertemu dengan Sekjen Kementerian Desa PDTT Anwar Sanusi, di Jakarta, kemarin. Pertemuan ini salah satunya membahas rencana pengembangan Ranu Pane menjadi kawasan wisata strategis terpadu.

RADARJEMBER.ID – Rencana pengembangan wisata Ranu Pane di Kecamatan Senduro menjadi kawasan wisata strategis terpadu, terus digulirkan oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq. Bahkan, rencana itu juga disampaikannya saat bertemu dengan Sekretaris Jenderal Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) RI Anwar Sanusi, di Jakarta, kemarin (10/5).

IKLAN

Kedatangan bupati tersebut merupakan tindaklanjut rencana pengembangan kawasan wisata Ranu Pane. Untuk itu, permasalahan di kawasan Ranu Pane, seperti tumpukan sampah, sedimentasi, dan gulma yang menutupi permukaan danau Ranu Pane dipaparkan dalam pembahasan tersebut. “Nanti rencananya pengembangan kawasan wisata terpadu Ranu Pane bakal dilakukan. Salah satunya pengerukan danau,” katanya.

Menurut mantan anggota DPRD Jawa Timur itu, berbagai persoalan seperti minimnya area parkir, dan fasilitas rute pendakian juga menjadi perhatian serius yang harus dituntaskan. Makanya, diperlukan penataan agar Ranu Pane dapat membuat wisatawan merasa nyaman dan mudah mengakses lokasi wisata. “Rencana penataan kawasan itu mulai dari area pejalan kaki (pedestrian) di lingkungan permukiman, kawasan parkir, dan pembangunan homestay. Semuanya sudah dibahas,” jelasnya.

Sementara itu, Sekjen Kementerian Desa PDTT Anwar Sanusi, mengusulkan pada bupati agar segera menjajaki komunikasi dan berkoordinasi dengan kementerian terkait. Seperti Kementerian Pekerjaan Umum, Lingkungan Hidup, Pertanian dan Pariwisata. Langkah ini rencana pengembangan Ranu Pane bisa segera terealisasi.

Bahkan secara spesifik, Anwar Sanusi menyarankan agar bupati bersedia menjadi tuan rumah untuk event nasional berkaitan dengan wisata, seperti yang dilaksanakan Asosiasi Desa Wisata Indonesia (Asdewi). “Sehingga Kementerian PDTT bisa membantu dalam penataan lokasi,” katanya.

Reporter : Ahmad Jafin

Fotografer : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id

Editor : Mahrus Sholih