Produk Bondowoso Dipamerkan di Probolinggo

Kadin for Radar Ijen DILIHAT WALI KOTA: Wali Kota Probolinggo Rukmini Buchori saat mengunjungi stan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bondowoso di

RADARJEMBER.ID – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengorbitkan berbagai produk unggulan Bondowoso dalam Pameran UMKM Kota Probolinggo. Kegiatan ini berlangsung pada 29 Agustus sampai 3 September mendatang di Alun-Alun Kota Probolinggo. Beberapa produk yang dibawa Kadin Bondowoso adalh kopi, tape, jamur krispi, dan beberapa produk UMKM Bondowoso.

IKLAN

Ketua Kadin Bondowoso Imam Soerojo mengatakan, UMKM tumbuh subur di Bondowoso. Dalam perkembangannya, Kadin Bondowoso juga ambil peran. Banyak UMKM yang dijadikan binaan Kadin Bondowoso. Sebagai bentuk apresiasi kepada para pelaku UMKM Kadin Bondowoso mengikutkan berbagai produk tersebut ke pameran. “Kami ingin produk UMKM Bondowoso bisa go nasional bahkan sampai go internasional,” jelasnya.

Dijelaskan, selama seminggu pihaknya membawa produk UMKM tersebut ke Probolinggo. Mulai kopi, tape sampai jamur krispi. Banyak masyarakat yang berkunjung ke pameran untuk membeli barang dari Bondowoso. “Kami sekaligus memberikan kontak person dengan menyediakan kartu nama untuk produk UMKM Bondowoso,” terangnya. Tujuannya agar masyarakat yang berkunjung, bisa memesan melalui online.

Selama ini, Kadin Bondowoso juga sudah mengupgrade para pelaku UMKM Bondowoso untuk mengenal pasar online. Sehingga produk mereka bisa go nasional bahkan internasional. Masyarakat dari Bondowoso dan luar daerah bisa dengan mudah menemukan produk UMKM asal Bondowoso di dunia maya. “Tinggal klik, bayar, barang diantar,” jelasnya.

Hadirnya media online, menjadi tantangan dan peluang bagi usaha UMKM. Tantangannya bagaimana membuat produknya go nasional. Mulai dari sisi packaging sampai citarasa. Ketika tidak marketable, maka akan tergerus dengan produk lain. “Peluangnya, pasar tidak lagi kelas lokal, namun bisa go nasional sampai internasional,” tegasnya.

Perlu diketahui, dalam pembukaan pameran di Alun-alun Kota Probolinggo, Walikota Probolinggo Rukmini Buchori sempat sambang ke stand Kadin Bondowoso. Wali kota perempuan ini, melihat proses penyeduhan kopi dan melihat suguhan produk UMKM yang dibawa Kadin Bondowoso.

Reporter : Sholikhul Huda
Editor : M. Shodiq Syarif
Editor Bahasa: Yerri A Aji

Reporter :

Fotografer :

Editor :