Sediakan Lima Belas Loket Pelayanan Administrasi Kependudukan

JEMBER, RADARJEMBER.ID -Untuk menunjukan mendukung program Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA), mulai tahun 2019 lalu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jember membuka lima belas loket pelayanan.

IKLAN

“Ini dimulai 18 Agustus 2018 lalu Dispendukcapil membuka lima loket layanan, hal ini untuk lebih memudahkan masyarakat ketika mengurus dokumen kependudukan,” papar Ita Setyawati, Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan (PDIP), Dispendukcapil Kabupaten Jember.

Dikatakan oleh Ita, kelima belas loket itu meliputi loket pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Indentitas  Anak (KIA), pindah tempat, Kartu Keluarga (KK), pembuatan akte kelahiran, revisi akte, akte kematian dan perkawinan non muslim, legalisir, informasi up date data dan perekaman yang belum.pernsh foto.

“Mereka datang ke Dispendukcapil Kabupaten Jember untuk mengurus apa? Bila mengajukan permohonan pembuatan akte kelahiran ya langsung menuju ke loket akte kelahiran,” kata Ita.

Keberadaan lima belas loket itu praktis membuat pelayanan Dispendukcapil terlihat lebih tertib, selain itu memberikan kemudahan bagi masyarakat saat mengurus dokumen kependudukan.

Hal itu dibenarkan oleh Didik Setiawan, warga Kecamatan Arjasa saat mendatangi dinas tersebut untuk membuat dokumen kependudukan.

“Jumlah warga yang datang kesini setiap harinya kan tidak sedikit, jadi wajarlah kalau Dispendukcapil memperbanyak loket layanan,”ungkap Didik.

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor : Mahrus Sholih