Dua OPD Tak Miliki Kantor Permanen

LUMAJANG, RADARJEMBER.ID – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang setiap tahunnya mencapai Rp 2 triliunan itu tampaknya belum bisa memaksimalkan pelayanan untuk masyarakat. Sebab, beberapa OPD di lingkungan Pemkab Lumajang belum memiliki kantor permanen.

Setidaknya, ada dua OPD yang masih menggunakan fasilitas yang seharusnya bisa dinikmati masyarakat penuh untuk kantor. Di antaranya Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Lumajang yang bertempat di Stadion Semeru dan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Lumajang di Rusunawa.

Beberapa hari lalu, Sekretaris Daerah Lumajang Agus Triyono mengatakan, dua kantor itu sampai saat ini tetap berusaha memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat. Meskipun kondisinya memang masih menumpang di beberapa tempat.

“Mereka harus bersabar untuk tidak melakukan pembangunan di tahun ini. Apalagi, sekarang ini kan sedang penanganan korona, beberapa kali juga sudah dilakukan refocusing. Ya kita terus bersabar. Mereka juga bersabar karena biaya perawatan kantor, sekarang keduanya juga tidak bisa. Karena memang masih belum punya kantor permanen sendiri,” ucapnya.

Sementara itu, Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lumajang Akhmad Taufik Hidayat mengatakan, rencananya tahun ini bakal ada pembangunan kantor OPD yang dipusatkan di jalan lintas timur (JLT). Tetapi karena korona, semuanya dibatalkan. Rencananya, tahun depan bakal mulai dilaksanakan pembangunan.

“Kurang lebih ada tujuh kantor yang dibangun di sana. Termasuk dua kantor itu. Kita berharap semuanya bisa melaksanakan pelayanan semaksimal mungkin. Kalau yang saya ingat dan dengar dari bupati, itu Kominfo, DPU, sama ada lagi lainnya. Insyaallah, tahun depan kayaknya mulai direncanakan,” pungkasnya.

Editor: Hadi Sumarsono
Reporter: Atieqson Mar Iqbal
Fotografer: