Menunggu Pelantikan Bupati, Bertugas Seminggu, Bung Karna Jadi Plt Bupati

Sholikhul Huda/Radar Ijen PIMPIN UPACARA: Drs H Karna Suswandi, Kepala Dinas PUPR yang juga Plt Sekda ditunjuk sebagai Plt Bupati Bondowoso. Bung Karna didampingi ketua PMI Bondowoso Miftahul Huda menyematkan pin untuk pendonor 50 kali. 

RADARJEMBER.ID – Bung Karna, begitulah Karna Suswandi dikenal. Dia adalah Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang sebelumnya telah ditunjuk Bupati Amin Said Husni sebagai Plt Sekda. Tepatnya saat mantan Sekda Hidayat memilih jalur politik pada musim Pilkada 2018. Setelah Bupati Amin Said Husni mengakhiri masa jabatannya pada 16 September, giliran Gubernur Jawa Timur memilihnya menjadi Plt Bupati Bondowoso.

IKLAN

Asisten 1 Agung Tri Handono yang saat ini menjabat Plt Bappeda menjelaskan, Karna Suswandi ditunjuk oleh Gubernur Jawa Timur dan sudah diberi SK sebagai pelaksana tugas harian (Plt) Bupati Bondowoso. Penunjukan itu, kata Agung, juga telah melalui proses diskusi di bagian pemerintahan. “Jadi, Pak Karna yang definitifnya sebagai Kepala Dinas PUPR, dan juga menjabat Plt sekda, bisa menjabat juga sebagai Plt bupati, dan kami sudah konsultasi ke biro pemerintahan,” tegasnya.

Dijelaskannya, dengan jabatan tersebut, dijamin tidak ada persoalan. Apalagi, memang jabatan Plt Bupati Bondowoso tidak lama. Sebab, pada 24 September 2018, rencananya Bupati dan Wakil Bupati terpilih, yakni KH Salwa Arifin dan Irwan Bachtiar Rachmat akan dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Bondowoso periode 2018-2023.

Mengenai tugas Plt, Agung mengatakan, tugasnya adalah memastikan semua pelayanan publik berjalan. Kewenangan Plt sebatas memastikan pelayanan berjalan. Sebab, dalam waktu sekitar seminggu masa kerja, tidak mungkin tidak ada pemimpinnya. “Karena tidak mungkin, seminggu ini tidak ada pelayanan. Dan itu dikembalikan, di bawah kendali Plt bupati. Dan saat ini dijabat Plt Sekda,” jelasnya.

Agung menambahkan, pihaknya sempat menyampaikan, dengan adanya tiga jabatan sekaligus, apakah tidak menghambat. Jawabannya tidak menghambat dari segi regulasi dan lain sebagainya. “Teman-teman biro pemerintahan katanya tidak ada kendala dan sebagainya kalau seminggu ini harus menjadi tiga institusi,” ujarnya.

Pantauan radarjember.id, di hari pertama menjabat sebagai Plt Bupati Bondowoso, Karna Suswandi melakukan penyematan pin emas bagi 50 pendonor, Senin (17/9). Penyematan itu dilakukan dalam agenda upacara HUT PMI ke-73 di Kantor Pemkab Bondowoso. Penyematan itu, dilakukan untuk 50 orang yang rajin melakukan donor darah selama ini. Mereka diberi pin emas sebagai penghargaannya.

Selain itu, bupati menegaskan urgensi konsistensi pergerakan aparatur sipil negara (ASN). ASN dituntut untuk tetap mengedepankan perannya sebagai abdi negara, abdi masyarakat, dan abdi pemerintah dengan terus meningkatkan integritas dan karyanya kepada masyarakat. “Berikan karya nyata dan inovasi di semua aspek yang dapat memacu kerja dan akselerasi dan bisa memaksimalkan kerja,” tegas Karna Suswandi.

Reporter &. Fotografer: Sholikhul Huda
Editor : Narto
Editor Bahasa: Imron Hidayatullah

Reporter :

Fotografer :

Editor :