KTP Hilang Akibat Bencana Jadi Prioritas

DIUNTUNGKAN: Dua warga melintas di banner sosialisasi Dispendukcapil Jember tentang pelayanan Pendopo Express. Dispendukcapil juga mempioritaskan layanan bagi penduduk yang dokumennya hilang akibat bencana.

SUMBERSARI.RADARJEMBER.ID- Setiap hari sekitar 200 lembar KTP dikirim ke alamat pemohon oleh tim Pendopo Express. Program yang dicanangkan Bupati Jember dr Faida MMR ini merupakan layanan jemput bola bagi para pemohon administrasi kependudukan (adminduk) yang telah mengurus ke kantor dinas kependudukan dan pencatatan sipil (dispendukcapil).

IKLAN

Kepala Dispendukcapil Jember Isnaeni Dwi Susanti mengatakan, saat ini Pendopo Express telah melakukan pengiriman KTP baru sesuai alamat ke semua kecamatan di kabupaten setempat.

“Kami lebih memprioritaskan pemohon KTP baru. Ini sesuai arahan dari Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri. Apalagi persediaan blangko KTP-el di Jember juga sangat terbatas,” ungkapnya.

Dia menambahkan, selain mengutamakan pemohon KTP baru, dispendukcapil juga memprioritaskan bagi penduduk yang telah memegang surat keterangan (suket). “Kami memberikan kemudahan pula kepada pemohon KTP yang bukan pemohon baru. Dikarenakan KTP itu hilang atau rusak akibat bencana,” terang Isnaeni.

Terkait keberadaan Pendopo Express, Isnaeni mengatakan, program itu bertujuan untuk lebih memudahkan warga Jember mengurus dokumen kependudukan. (*)

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor : Mahrus Sholih