Bahas Draf Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Libatkan Ahli

Kini, Bola Ada di Parlemen "Kami akan memperdalam apa isi yang menjadi usulan di dalam RPJMD." Ahmad Halim - Wakil Ketua DPRD Jember

SUMBERSARI, RADARJEMBER.ID – Pembahasan draf Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Jember Tahun 2021-2026 segera dilakukan. Hal itu terungkap dalam rapat paripurna internal di gedung DPRD Jember, kemarin (6/8).

Dalam rapat yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Jember Ahmad Halim, disepakati dua hal penting. Yaitu pembentukan Panitia Khusus (Pansus) untuk RPJMD dan Pansus Covid-19 Jember. “Pansus RPJMD Jember diketuai langsung oleh Ketua DPRD (M Itqon Syauqi, Red). Sementara Pansus Covid-19 Jember, saya yang menjadi ketuanya,” kata Halim.

Setelah melalui serangkaian proses penyusunan, termasuk konsultasi pubik, kini draf RPJMD  Jember sudah di tangan dewan. “Sekarang bola sudah di dewan, kemudian akan dilakukan pembahasan,” katanya.

Agar Jember segera punya RPJMD, lanjut Halim, agenda pembahasannya direncanakan dalam beberapa hari, pekan depan. “Kami akan memperdalam apa isi yang menjadi usulan di dalam RPJMD,” paparnya.

Halim mengungkapkan, pada saat pembahasan nanti, selain eksekutif serta stakeholder di lingkungan pemkab Jember, pihaknya juga akan mengundang sejumlah pihak agar RPJMD Jember yang dihasilkan bisa maksimal dan sempurna.

Keterlibatan sejumlah ahli atau tokoh di luar eksekutif dan legislatif dinilai penting karena RPJMD Jember menjadi garis besar pembangunan Jember lima tahun ke depan. “Pelaku ekonomi, akademisi, serta pihak-pihak lain. Para ahli nanti juga akan diundang,” imbuhnya.