17 Perempuan Uji Kompetensi Tata Rias Pengantin

RADARJEMBER.ID – Sedikitnya 17 peserta tata rias pengantin mengikuti uji kompetensi di Tempat Uji Kompetensi (TUK) Melati, di Jalan Brigjen Katamso  67 Kota Kulon Bondowoso, Sabtu (1/9). Diharapkan 17 perempuan yang akan terjun ke dunia praktik kerja itu lulus setelah mendapat penilaian dari tim juri dari Jakarta.

IKLAN

Mereka ini sebelumnya mendapat ilmu tata rias dari sebuah pelatihan tata rias yang dibiayai negara lewat Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bondowoso. Setelah hampir tiga bulan pelatihan tata rias pengantin, mereka mengikuti uji kompetensi dengan melakukan tata rias pengantin di TUK Melati.

Djumani AMD Kep SPd sebagai pemilik sekaligus pengelola TUK Melati mengatakan kepada radarjember.id,  awalnya yang mengikuti pelatihan tats rias pengantin adalah 30 orang. Namun yang ikut ujian hanya 17 orang. Mereka ikut pelatihan tata rias di LKP Teratai. “Mereka ikut pelatihan selama 200 jam atau 15 kali pertemuan atau selama 3 bulan,” katanya.

Djumani menambahkan untuk dewan juri didatangkan dari Jakarta. Dan juri akan bertindak profesional. “Tentu saya berharap anak-anak saya lulus. Dan segera mendapatkan sertifikat,” katanya.

Dengan memperoleh sertifikat maka mereka bisa langsung praktik kerja di rumah masing-masing. “Apalagi setelah dinyatakan lulus mereka mendapatkan bantuan modal kerja,” katanya.  Tentu saja dengan bekerja mandiri sebagai penata rias di rumah masing-masing maka akan memperoleh penghasilan sendiri. “Karena tujuan pemerintah dengan menggelar kegiatan ini adalah untuk menciptakan lapangan kerja atau menekan angka pengangguran,” ujarnya.

Sementara itu Murni Kabid PAUD dan PNF Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bondowoso menyatakan rutin mengadakan pelatihan keterampilan kepada warga Bondowoso. “Harapannya mereka bisa mandiri,” katanya.

Reporter & Fotografer: Eko Saputro
Editor : Narto
Editor Bahasa: Yerri A Aji

Reporter :

Fotografer :

Editor :