Sosialisasi BKKBN di SMK MHI Bangsalsari, Pelajar Diimbau Tak Nikah Muda

BKKBN FOR RADAR JEMBER PEDULI PELAJAR: BKKBN bersama anggota Komisi 9 DPR RI Ayub Khan berpose bersama pelajar penerima hadiah dalam sosialisasi di SMK MHI Bangsalsari. Dalam sosialisasi itu, pelajar diimbau tak menikah muda hingga usianya telah matang.

RADARJEMBER.ID – Para pelajar diimbau agar tidak menikah dini. Imbauan itu disampaikan dalam sosialisasi yang digelar Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) terhadap ratusan pelajar di SMK MHI di Kecamatan Bangsalsari, kemarin. Ini bertujuan agar kualitas kesehatan bayi serta keselamatan sang ibu ketika melahirkan dapat terjamin.

IKLAN

Menurut Kepala Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BKKBN Jawa Timur Waluyo Ajeng Lukitowati, para remaja, terutama perempuan, sebaiknya menikah pada rentang usia produktif melahirkan. Yakni, antara usia 21 tahun hingga maksimal 35 tahun. Sementara laki-laki minimal berusia 25 tahun.

Sebab, perempuan yang menikah sebelum usia 21 tahun, kata dia, masih dikategorikan sebagai anak-anak. “Mereka juga belum siap untuk hamil dan melahirkan secara sehat. Karena sel-sel produksinya masih berkembang,” jelas Ajeng, saat sosialisasi program pengendalian penduduk BKKBN Provinsi Jawa Timur.

Sementara itu, narasumber dari anggota Komisi 9 DPR RI Ayub Khan menuturkan, hingga saat ini fenomena pernikahan dini di Indonesia masih marak terjadi. Untuk itu, dirinya mendorong BKKBN untuk terus menyosialisasikan program tersebut, agar generasi muda bisa merencanakan pernikahan mereka dengan baik dan di usia matang.

Oleh karenanya, bersama Komisi 9 DPR pihaknya terus berupaya mendorong pemerintah untuk menekan angka nikah muda tersebut, karena dampak negatifnya dinilai Ayub cukup banyak. “Nikah muda sangat rentan, terutama bagi kaum perempuan. Selain rentan terkena penyakit, juga menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga. Dan akhirnya bisa cerai muda,” tandasnya.

Reporter : Mahrus Sholih
Editor : Hadi Sumarsono
Editor Bahasa: Imron Hidayatullah

Reporter :

Fotografer :

Editor :