Terjunkan Dosen, Dongkrak Kesejahteraan Masyarakat Desa

DAMPINGI DESA: Plt Bupati Jember Drs KH Abdul Muqit Arief (kiri) membuka sosialisasi program satu desa satu dosen di Aula PB Sudirman Pemkab Jember, Kamis (1/10).

PATRANG.RADARJEMBER.ID- Memberdayakan masyarakat desa tak bisa dilakukan sendiri oleh pemerintah. Oleh karena itu, Pemkab Jember dan Universitas Jember bersinergi mempercepat pembangunan di desa dengan menempatkan dosen di tiap desa.

Hal ini terungkap saat sosialisasi kegiatan pendampingan satu desa satu dosen di Aula PB Sudirman Pemkab Jember, Kamis (1/10). Acara tersebut dihadiri oleh Plt Bupati Jember Drs KH Abdul Muqit Arief dan para camat.

“Program pendampingan satu desa satu dosen ini untuk memperkuat kelembagaan desa atau kelurahan. Karena itu program ini perlu mendapat dukungan kita semua,” ungkap Muqit Arief.

Dalam kesempatan itu, Pengasuh Pondok Pesantren Al Falah, Karangharjo, Silo, ini juga menyatakan, program satu desa satu dosen tidak lain untuk membangun SDM di desa.

Sementara itu, Rektor Universitas Jember Dr Iwan Taruna menegaskan, program pendampingan satu desa satu dosen ini merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dan akan dilakukan seleksi terlebih dahulu, terutama dalam hal kompetensi.

“Sebelum program ini dilaksanakan, maka kita harus bisa memotret kondisi riel desa. Sehingga ketika dosen itu ditempatkan di desa, diharapkan bisa sesuai dengan kebutuhan desa,” terang Iwan. (kl)

Editor: Mahrus Sholih
Reporter: Winardyasto
Fotografer: Winardyasto