Program Doktor Pascasarjana IAIN Jember

Kombinasikan Ujian Daring dan Luring Sekaligus

DUA MODEL: Proses ujian terbuka Program Doktor Pascasarjana IAIN Jember yang berlangsung daring dan luring.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Ujian terbuka program doktor dan magister di Pascasarjana IAIN Jember, tampak ada pembaharuan. Setelah beberapa pekan lalu ujian berlangsung secara online atau daring, kini pihak pascasarjana memberlakukan ujian dengan dua model sekaligus. Yakni daring dan luring (offline) sekaligus.

Direktur Pascasarjana IAIN Jember Prof Dr KH Abdul Halim Soebahar MA menjelaskan, dalam model ujian tersebut, peserta dan penguji dikelompokkan menjadi dua. Ada yang melalui sambungan live streaming, ada pula yang berada di lokasi ujian langsung. “Online itu untuk penguji yang berada di luar Jember. Sementara yang offline untuk penguji yang berada atau berdomisili di Jember,” terangnya.

Dalam model itu pula, lanjutnya, peserta ujian dengan dewan penguji berada dalam satu ruangan. Selain itu mereka juga diwajibkan mengenakan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan menjaga jarak. “Ujian terbukanya tetap ada melalui saluran live streaming itu. Jadi kami memadukan model offline atau online sekaligus, sehingga kualitas lebih terjaga,” imbuhnya.

Pria yang juga pengasuh Pesantren Shofa Marwa Pakusari Jember itu menambahkan, model ujian itu berlaku untuk semua program studi yang ada di Pascasarjana IAIN Jember. Baik jenjang magister maupun doktor.

Bahkan sejak beberapa pekan lalu, sudah cukup banyak mahasiswa magister yang telah mengikuti ujian dengan pola tersebut. “Kami terus dorong seperti apapun kondisinya. Agar mahasiswa kami tetap bisa melaksanakan hak dan kewajiban akademik secara baik. Termasuk menyelesaikan ujian terbukanya ini,” tukasnya.

Editor: Mahrus Sholih
Reporter: Maulana
Fotografer: Istimewa