alexametrics
26.1C
Jember
Tuesday, 19 January 2021
Mobile_CP_Top Banner

CATEGORY:

Pascasarjana IAIN

Perspektif Komunikasi KHAS

Pemilihan nama Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember (UIN KHAS Jember) sebagai bentuk alih status dari IAIN Jember menjadi perbincangan yang menarik berbagai kalangan.

Mengapa Harus UIN KHAS Jember?

Diskusi entang alih status IAIN Jember menjadi Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember (UIN KHAS Jember) terus bergulir.

MUI dan Islam Wasathiyah (3)

Islam Wasathiyah, telah menjadi salah satu keputusan Musyawarah Nasional IX Majelis Ulama Indonesia (Munas MUI) yang berlangsung di Surabaya (24-27 Agustus 2015) Taujihat Surabaya sangat terkait dengan tema Munas: Islam Wasathiyah untuk Indonesia dan Dunia yang Berkeadilan dan Berkeadaban. Dalam taujihat tersebut, memberi gambaran banyaknya peserta Munas MUI mencermati munculnya kelompok yang eksklusif, intoleran, kaku/rigid, mudah mengkafirkan orang dan kelompok lain, mudah menyatakan permusuhan dan melakukan konflik, bahkan kalau perlu melakukan kekerasan terhadap sesama Muslim yang tidak sepaham. Di sisi lain muncul pula kelompok yang cenderung permisif dan liberal.

Mata Air Keilmuan: Menggagas Filosofi Keilmuan UIN KHAS Jember

Mata air ilmu (Wellspring of Knowledge) adalah simbol yang dipilih untuk menegaskan basis keilmuan yang akan dikembangkan di Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember. Sebagai sebuah gagasan, ia akan menjadi corpus terbuka. Setiap orang memiliki hak untuk memberikan tafsir, interpretasi ataupun analisis terhadapnya. Sangat mungkin akan tercipta ruang-ruang diskusi dalam diskursus mata air keilmuan UIN KHAS Jember. Tulisan ini adalah salah satunya.

Makna Empat Pilar

Pemilihan nama Universitas Islam Negeri Kyai Haji Achmad Siddiq Jember (UIN KHAS Jember) sebagai bentuk alih status dari IAIN Jember diilhami oleh pandangan khas seorang ulama besar asli Jember Jawa Timur. Kiai Haji Achmad Siddiq adalah ulama Khos. Sosok karismatik/berpengaruh karena kedalaman ilmunya yang pernah menjadi Rais Aam PBNU, sebuah organisasi massa Islam terbesar di nusantara.

Potret Pesantren Talangsari

Sengaja dalam tulisan ini kami menyajikan potret “Pesantren Talangsari”, yang telah mengalami proses transformasi sekitar satu abad lamanya.

Entrepreneurship dan Life Skill Santri

Pada Februari 2019 Badan Pusat Statistik (BPS) telah merilis data bahwa tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK) naik sebesar 0,12 persen, atau meningkat setara 2,24 juta orang dibanding bulan Februari 2018.

Gamifikasi: Media Pembelajaran dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar

Pada era globalisasi saat ini, perkembangan teknologi dan komunikasi yang sangat cepat menjadikan jarak bukan lagi suatu hambatan untuk mendapatkan informasi dari berbagai penjuru dunia. Berbagai kemajuan teknologi dapat kita peroleh dengan mudah.

Aktualisasi Nilai Karakter Pesantren Melalui Program Tarbiyah Diniyah

Dewasa ini, perkembangan iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi) menyisakan beberapa persoalan yang perlu perhatian. Tidak dapat dipungkiri bahwa masyarakat modern telah menjadikan iptek sebagai alternatif dalam menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Namun, di sisi lain kemajuan iptek tidak sejalan dengan peningkatan ahlak yang baik. Fenomena penurunan kualitas ahlak bukan hanya melanda kalangan dewasa, tetapi juga kaum remaja (pelajar).

Bukan Sekadar Alih Status

Perjalanan alih status kelembagaan dari IAIN Jember menuju Universitas Islam Negeri Kyai Haji Achmad Siddiq Jember (UIN KHAS Jember) tinggal menghitung hari. Tekad optimisme civitas academica IAIN Jember menatap cerah arah perubahan itu. Semangat menyambut alih status itu, IAIN Jember menggelar sayembara logo UIN KHAS Jember yang ditujukan kepada khalayak luas dengan tema “Mata Air Keilmuan: Mewujudkan Kedalaman Ilmu berbasis Kearifan Lokal”.
Desktop_CP_Half Page
Mobile_CP_Half Page

Berita Terbaru

Desktop_CP_Rectangle 1