Baca Buku: Menderas Kata Menebar Asa

Sukarno dalam tulisannya Indonesia menggugat atau di bawah bendera revolusi bercita-cita untuk membentuk karakter bangsanya, memotivasi bangsanya untuk lepas dari kungkungan penjajah. Meluapkan daya imajinasi membangun kepercayaan bangsa agar setara dengan bangsa lain. Senada dengan itu bagaimana buku dapat memberikan inspirasi bagi seorang pejuang anti rasial Nelson Mandela di Afrika Selatan menjadikan penjara nya seperti perpustakaan pribadi yang mampu dengan lantang memberikan pesan keluar dinding penjara menyuarakan persamaan hak bangsanya dari keterpurukan dan keterbelakangan dari sistem segregasi warna kulit apartheid.

Sejatinya buku sebagai pembangun peradaban masyarakat tidak terlepas dari bagaimana buku sebagai hasil dari pengetahuan dapat merangsang masyarakat untuk hobi membaca terhadap tulisan-tulisan terbaru yang dihasilkan. Kegairahan masyarakat untuk selalu meng-update pengetahuan dengan membaca buku-buku terbaru akan menumbuhkan nafsu membaca masyarakat terhadap bacaan terbaru sehingga diharapkan menciptakan kebiasaan membaca di tengah masyarakat. Kebiasaan membaca ini akan dilihat sebagai aktivitas masyarakat yang lumrah dilakukan. Sehingga apabila semua itu telah dilakukan oleh segenap masyarakat maka dapat dikatakan masyarakat tersebut telah memiliki apa yang dinamakan sebagai masyarakat yang gemar membaca/reading society.

Lantas bagaimana buku dewasa ini dapat memberikan energi yang dahsyat kepada pembacanya di tengah pandemi agar dapat membangun optimisme serta dapat membangun daya cipta sebagaimana para pembacanya terdahulu tidak lain adalah bagaimana setelah membaca buku seseorang dapat mengkristalisasi gagasan atau ide yang dibaca kemudian di komunikasikan dalam bentuk diskusi, lalu di tulis ulang guna memberikan nuansa/ide baru dari buku yang telah dibaca untuk dibagikan ke orang lain. Tentu, dewasa ini hal itu tidak sulit untuk di wujudkan karena ruang ekspresi dan berbagi ide dan inspirasi dapat dilakukan misalnya di media sosial sehingga kristalisasi inspirasi yang diperoleh dari membaca dapat memberikan inspirasi bagi orang lain.

*) Penulis adalah Pustakawan Universitas Jember