HKTI Jember Optimalkan Peran Petani untuk Kemajuan Ekonomi

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Peran petani terhadap laju pertumbuhan ekonomi Indonesia memang tidak bisa dianggap sepele. Komoditas hasil pertanian dari para petani yang beraneka ragam membutuhkan dukungan dari berbagai pihak agar produksinya bisa ter-manage dengan baik. Untuk itu selain membutuhkan dukungan dari pihak eksternal, para petani dengan inisiatifnya dapat membentuk organisasi yang mewadahi kebutuhan para petani anggotanya agar produktifitas pertanian mereka bisa dioptimalkan.
Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) salah satu organisasi yang mewadahi petani-petani di Indonesia yang terbukti mampu mengoptimalkan hasil pertanian di Indonesia. Di Kabupaten Jember, HKTI di bawah kepemimpinan Jumantoro bertekad membantu para petani di Jember khususnya anggota HKTI untuk mendapatkan sarana produksi pertanian supaya tercukupi. “Penyediaan pupuk, benih, dan obat-obatan pertanian sedapat mungkin kami usahakan terpenuhi untuk kawan-kawan petani di Jember,” ujar Jumantoro kepada Jawa Pos Radar Jember.
Organisasi petani yang di tahun 2021 ini menargetkan pendirian pasar pertanian terpadu. “Semangatnya dari petani, untuk petani,” ujarnya. Jumantoro juga menegaskan bahwa target kerja dari HKTI Jember sesuai dengan visi misi organisasi yaitu HKTI Bangkit, Petani Makmur, Indonesia Jaya.
Senada dengan Jumantoro, Sekretaris HKTI Jember Hendro Saputro juga mengungkapkan bahwa HKTI hadir selain untuk memperjuangkan para petani di Jember, juga mempunyai komitmen untuk membantu pemerintah daerah dalam menyosialisasikan Elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok tani (ERDKK) Kabupaten Jember. “Agar tercapai 100 persen di tahun 2022 nanti,” tutur Hendro.
Petani yang berdomisili di Desa Kasiyan, Kecamatan Puger tersebut optimistis bahwa HKTI Jember yang dinahkodai oleh Jumantoro akan memberikan angin segar kepada para petani anggotanya dalam menciptakan peluang-peluang pasar yang bagus. “Apalagi kini mendapat dukungan Bupati dan teman-teman tim advokasi HKTI yang dikoordinatori Pak Didik Muzanni, Pak Agus, dan Mas Alan yang solid membantu teman-teman petani,” tandas Hendro.

Jurnalis : Eka Rusdiana
Redaktur : Nur Hariri
Fotografer : Tri Joko Santoso
Design : Tri Joko Santoso