Ilustrasi PNS (Dery Ridwansah/Jawa Pos)

JawaPos.com – Kuota penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) Pemprov Jatim berkurang. Sebelumnya, pemprov mengusulkan 2.176 formasi kepada pemerintah pusat. Dari usulan tersebut, pemerintah pusat hanya menyetujui 1.817 formasi.

IKLAN

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim Anom Surahno mengatakan, jumlah formasi sudah diputuskan. Semua tertuang dalam Keputusan Menteri PAN-RB Nomor 558 Tahun 2019. Tidak semua usulan disetujui. ”Kini tinggal menunggu kapan pendaftaran mulai dibuka,” katanya.

Anom memperkirakan, pelaksanaan pendaftaran berlangsung November. Prosesnya sesuai yang sudah direncanakan. Yakni, pendaftaran dan seleksi administrasi pada November hingga Desember. Sementara itu, tes berlangsung tahun depan.

Mayoritas kuota yang diberikan adalah tenaga pendidik atau guru. Jumlahnya mencapai 1.133 formasi. Sisanya berupa keahlian, tenaga kesehatan, serta beberapa bidang lainnya.

CPNS kali ini memperhatikan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Mereka mendapat jatah pada formasi yang diberikan. Hanya, Anom belum tahu sistem yang akan diterapkan. Apakah ada pendaftaran jalur PPPK atau ada sistem yang lain. ”Yang jelas, mereka dapat jatah kuota atau formasi,” ungkap Anom.

Pemprov akan menyampaikan pengumuman resmi tentang CPNS. Mulai pendaftaran hingga tahapan lainnya. Sebelumnya, BKD mengatakan, tahun ini hanya ada proses perekrutan. Tes CPNS berlangsung tahun depan.

Dengan begitu, ada dua tes CPNS yang berlangsung pada 2020. Pertama, tes pada Februari 2020 untuk perekrutan dan verifikasi November 2019. Kedua, tes CPNS Oktober 2020 untuk perekrutan dan verifikasi pada Juli 2020.

Kabarnya, kebutuhan CPNS secara nasional lebih dari 197 ribu. Dari jumlah itu, pemprov mengusulkan 4 ribu CPNS. Tahun ini jumlah yang diusulkan 2.176 formasi dan hanya disetujui 1.817 formasi. Tahun depan, Pemprov Jatim berencana mengusulkan 2.500 formasi. Dari jumlah tersebut, belum bisa diprediksi berapa yang akan disetujui.

Persiapan awal menuju pendaftaran CPNS sudah dimulai. BKD menyiapkan layanan berbasis aplikasi untuk memudahkan masyarakat. Dengan begitu, masyarakat bisa mengakses informasi, ketersediaan formulir administrasi, serta beragam layanan lainnya dengan mudah. Masyarakat tak perlu ribet saat mendaftar, mengikuti proses seleksi, hingga pelaksanaan tes kemampuan dasar (TKD) CPNS.

TENTANG REKRUTMEN CPNS PEMPROV JATIM

  • Kebutuhan PNS di Jawa Timur lebih dari 4 ribu orang.
  • Usul tahun 2019 adalah 2.176 formasi. Disetujui 1.817 formasi.
  • Usul 2020 sekitar 2.500 formasi. Itu sekadar usul, belum mendapat persetujuan.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : riq/c12/end