Ayam Jago Suaranya Menenangkan Batin

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Gurauan para pencinta burung, burung ibaratnya istri kedua. Demikian pula dengan pencinta ayam. Sebelum sarapan pagi, ayam lebih dulu dimanjakan. Bahkan, saat bangun tidur sebelum matahari terbit, suara ayam di sekitar rumah Zakaria Shiddiq dan Yeko Satrio bisa dibilang sebagai yang pertama didengar.

Dalam kontes, suara kokok ayam juga menjadi salah satu kriteria. Bahkan, khusus kontes suara ayam ketawa, suara ayam menjadi satu-satunya penilaian. Sementara pada ayam bangkok dan pokhay, suara ayam menjadi bagian tersendiri untuk penilaian.

Kokok ayam, menurut Ari Jaka, memiliki kesan mendalam bagi pencintanya. Dia berkata, suaranya yang khas bisa membuatnya senang dan bangga. Ayam jago bisa berkokok antara usia enam sampai tujuh bulan. “Usia lima bulan, ayam jantan sudah bisa kukuruyuk, tetapi masih belajar. Kalau ayam betina pada usia itu sudah bisa dibuahi. Hanya saja, hasilnya kurang bagus.  sia delapan bulan anakannya sudah bagus,” ucapnya.

Ari menyebut, ayam jantan yang baik tidak bisa lepas dari induk yang baik pula. Menurutnya, untuk mendapatkan ayam jago yang gagah, maka induknya juga harus bibit unggul. “Pencinta ayam akan bisa membedakan mana ayam yang bagus dan kurang. Makanya, kegagahan dan keindahan menjadi penilaian hampir di semua kontes,” ulasnya.