Tak Lengkap Tanpa Sajian Sambal

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Menyantap ikan bakar tentunya kurang pas tanpa sambal. Kehadiran sambal inilah yang menjadi bagian penting sehingga ikan bakar memiliki rasa yang berbeda-beda. Demikian dengan sambal untuk sup ikan, juga akan berbeda.

Samsul Arifin menyebut, warungnya menyajikan sejumlah sambal. Ada yang memang bawaan dibuat istrinya. Ada yang diracik berkat rekomendasi pelanggan. “Ada sambal terasi spesial asli terasi udang Watu Ulo. Selain itu, ada sambal colo-colo, sambal kecap, saus tiram, sambal korek, sambal bajak, dan yang lain,” ucap seorang guru dengan tiga anak tersebut.

Setiap racikan sambal, kata dia, akan memberi rasa yang berbeda-beda. Hal itu pun disesuaikan dengan permintaan. “TNI, Polri, pegawai, guru, serta masyarakat umum banyak yang langganan. Rata-rata datang karena racikan sambalnya beda. Ikannya juga tidak amis,” ulasnya.

Saking tingginya minat pengunjung, Samsul bahkan mendapat tawaran untuk memasak di luar negeri. Suatu hari, ada pembeli datang dari Arab. Dia kemudian menyajikan ikan bakar plus sup ikan Teluk Cinta. Siapa sangka, sang istri Misyawati yang memasak justru mau diajak ke Arab Saudi. “Itu karena saking sukanya,” ucap Samsul.