Keindahan Nail Art, Melukis Bunga di Atas Kuku

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Seni menghias kuku alias nail art, belakangan ini semakin marak digunakan di kalangan para wanita. Jika dulu hanya digunakan untuk acara resmi seperti resepsi pernikahan atau tunangan, kini nail art juga digunakan untuk acara kecil-kecilan seperti wisuda, style di hari raya, bahkan sebagai pelengkap fashion sehari-hari.

Ada banyak jenis yang bisa digambar melalui nail art ini. Mulai dari flora, fauna, hingga desain abstrak layaknya lukisan abstrak. Noni Ari Anggraini, perias nail art asal Kecamatan Balung, Kabupaten Jember mengaku dirinya mulai banyak menerima pesanan, khususnya nail art pada kuku palsu. “Sekitar setahun yang lalu di Jember mulai marak penggunaan nail art. Kalau dulu saya cuma dapat pesanan dari nikahan,” kata wanita 24 tahun ini.

Seni melukis di atas kuku ini memiliki keunikan tersendiri. Tak hanya memberi warna pada kuku, namun juga memberi kesan mewah dan membuat kuku terlihat seperti kristal. Bahan yang dibutuhkan cukup mudah, yakni berbekal cat kuku atau kuteks, manicure kit, dotting tools, nail dryer, selotip, dan juga nail sticker atau pernak-pernik nail art.

Menurut Noni, butuh ketelitian yang penuh dalam membuat karya seni yang satu ini. Sebab, jika salah sedikit saja, maka desain akan berubah bentuknya. “Misal tergores sedikit, maka bakalan berubah gambarnya. Tapi tergantung improve-nya juga,” tutur Noni.

Motif nail art yang paling banyak diminati yakni motif bunga atau flora. Motif yang satu ini terkesan cukup netral jika dipadukan dengan fashion apa pun. Termasuk jika dipadukan dengan henna art atau lukisan pada tangan. “Satu paket sebenarnya sama hena, tapi tetap cantik meskipun nggak pakai hena,” tambahnya.

Pernak-pernik yang digunakan dalam nail art biasanya berupa mutiara, butiran sprinkel, glitter, hingga butiran emas. “Pernak-perniknya bisa request, tapi yang umum itu mutiara sama sprinkel yang mirip pasir,” pungkasnya.

Bisa Dipesan Sesuai Keinginan