Jasad Bayi Dimakamkan secara Layak

SUDAH DIMAKAMKAN: Suasana olah TKP ketika penemuan pertama bayi yang dibakar. Kamis malam (19/11) lalu jenazah bayi akhirnya dimakamkan secara layak.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Kasus pembuangan dan pembakaran bayi yang ditemukan warga di Dusun Dusun Kramat, Desa Sebanen, Kecamatan Kalisat, sempat menggegerkan publik. Itu karena peristiwa itu dinilai terlalu sadis. Betapa tidak, bayi yang diperkirakan baru lahir secara normal itu dibuang oleh pelaku di pinggir sungai, kemudian diduga dibakar hingga tewas.

Kini, setelah kepolisian melakukan otopsi di RSD Kalisat, jasad bayi tersebut telah dimakamkan secara layak di Dusun Tamanrejo, Desa Sukorejo, Sukowono, Kamis (19/11) malam. Kepala Desa Sukorejo Rudianto meminta pihak kepolisian agar mengizinkannya menguburkan jenazah bayi itu di wilayah desanya.

“Karena waktu itu Pak Rudi (Kades Rudianto, Red) ikut mengevakuasi. Kemudian meminta agar jenazah bayi dimakankan di sana,” kata Aipda Abdul Haris Nasution, Penjabat Sementara Kepala Unit Reserse Kriminal Polsek Kalisat, kemarin (20/11).

Menurut Haris, jasad bayi itu tak hanya diperlakukan secara layak. Warga juga memberi nama kepada bayi nahas tersebut. Warga merasa terenyuh dan ingin memperlakukan jenazah itu secara manusiawi. “Diberi nama Siti Nur Wasilah,” ungkapnya, tanpa menyebut siapa orang yang mengusulkan pemberian nama tersebut.

Di sisi lain, Haris menyatakan, kepolisian juga terus menyelidiki kasus pembuangan dan pembakaran bayi ini. Hingga kemarin, pihaknya telah meminta keterangan dari 11 orang untuk menguak siapa pelaku yang tega melakukan perbuatan itu. “Kami juga masih mencari petunjuk-petunjuk tambahan. Doakan pelaku cepat ketemu,” ucapnya.

Sebelumnya, jasad bayi itu ditemukan oleh Totok, pencari pasir di sungai Dusun Kramat, Desa Sebanen, Kalisat. Saat ditemukan, tubuh bayi yang terbungkus kain itu kondisinya sudah gosong. Pria 45 tahun ini kemudian melaporkan penemuan itu ke perangkat desa setempat dan diteruskan ke Polsek Kalisat.

Editor: Mahrus Sholih
Reporter: Jumai
Fotografer: Jumai