Donor Darah Heppiii Community Jember Tambah Ramai

SETETES KEHIDUPAN: Salah seorang pendonor tengah menyumbangkan darahnya di acara yang digelar karang taruna yang tergabung dalam Heppii Community Jember.

SEMBORO.RADARJEMBER.ID- Dua karang taruna (karta) yang tergabung dalam Heppiii Community Jember, menggelar aksi kemanusiaan donor darah. Bekerjasama dengan PMI Jember, kegiatan ini mendapat sambutan luar biasa dari warga. Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan warga desa untuk menyediakan darah bagi masyarakat yang membutuhkan.

Koordinator Heppiii Community Jember Agung Prasetyo mengatakan, ada lebih 80 orang yang mendaftar untuk ikut mendonorkan darahnya. Namun setelah dilakukan pemeriksaan medis, jumlah warga yang memenuhi syarat sebanyak 56 orang.

“Kami menggelar acara donor darah di Balai Desa Semboro, masing-masing ada satu karang taruna dan komunitas yang ikut, yakni dari Karang Taruna Sembara Desa Semboro dan Kelompok Konco Doyong dari Desa Umbul Rejo,” kata Agung, Rabu (21/10).

Agung menjelaskan, kegiatan ini mendapat apresiasi dari Kepala Desa Semboro Antoni dengan menghadirkan hiburan musik untuk mengurangi ketegangan. Meski ada pertunjukan musik, namun di lokasi donor darah tidak ada penumpukan massa. Karena sejak awal, panitia menjalankan secara ketat protokol kesehatan Covid-19.

“Musik ini terbatas atau khusus hanya untuk pendonor saja. Tidak ada joget-joget dan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara disiplin. Kami tidak ingin kecolongan,” jelasnya.

Pada awalnya, banyak anggota masyarakat yang tegang dan takut untuk mendonorkan darahnya. Namun dengan sedikit hiburan, ketegangan itu terurai. Maklum, banyak warga yang baru kali pertama mendonorkan darah. Sementara cerita tentang jarum suntik yang besar sering kali membuat mereka ketakutan.

“Banyak yang takut sama jarum suntik. Setelah mendengarkan musik mereka jadi lebih berani menerima suntikan,” ujar Agung yang diikuti suara terkekeh.

Heppiii Community Jember masih akan menggelar donor darah di berbagai tempat sampai 27 Oktober. Agenda ini tetap mengutamakan protokol pencegahan Covid-19. Terlebih PMI juga sudah punya standar operasional dan prosedur (SOP) berdonor saat pandemi.

Komunitas yang terlibat dalam kegiatan donor darah ini selain dua karta yang sudah melakukan kegiatan donor adalah Karta Laskar Segoro Kidul, Telo Godhok, Karta Muda dan Singo Muncul, Ikatan Muda Mudi Bersatu Desa Dukuh Dempok, Arca, Lare Ponjer, Komunitas Arek Kencong, Rukem Penitik, Generasi Muda Gedangan, Sorban, Pemuda Pemudi Condro, Mahabarata, dan Karta Karat Besi.

Donor darah ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur dan ikut dalam kegiatan pembuatan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekor MURI pertama adalah donor darah oleh komunitas terbanyak dan Rekor MURI kedua bertajuk donor darah oleh karang taruna terbanyak.

Kegiatan yang diinisiasi oleh PT SCM bersama Inspire dan didukung oleh PMI di 58 kota/kabupaten ini melibatkan 492 komunitas dan 112 karang taruna. Komunitas yang terlibat program donor darah “Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri” ini, tergabung dalam beberapa komunitas besar seperti Super Soccer, Super Adventure, Bold Riders, dan Heppiii Community, kelompok karang taruna dari berbagai desa.

Kolaborasi komunitas ini berlangsung selama periode 7 – 31 Oktober 2020, bertepatan dengan momentum peringatan Sumpah Pemuda. Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari program “Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi” pada Hari Qurban di bulan Juli lalu.

Saat itu terdapat 379 komunitas dari Super Adventure, Bold Riders, dan Heppiii Community yang terlibat dengan lebih dari 15 ribu anggota di 42 kota. Terdapat 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing yang disembelih dengan lebih dari 5.000 kantong daging dibagikan ke masyarakat sekitar. (*)

Editor: Mahrus Sholih
Reporter:
Fotografer: Istimewa