Tiga Hari, Ratusan Pasien Dioperasi Gratis, Sekaligus Pemberian Kacamata dan Bola Mata Palsu

Operasi Gratis: Ratusan duafa yang menderita katarak usai menjalani operasi gratis di RS Bina Sehat Jember

RADARJEMBER.ID – Selama tiga hari pada akhir pekan lalu, ratusan pasien duafa yang menderita katarak mendapat kesempatan dioperasi gratis di Rumah Sakit Bina Sehat (RSBS) Jember. Aksi kemanusiaan operasi gratis bagi duafa ini bersinergi dengan JFF Bali, Pemkab Jember, serta Perdami Jawa Timur.

IKLAN

Ungkapan rasa bahagia karena dioperasi secara gratis pun dicurahkan oleh sejumlah pasien. Salah satunya adalah Ahmadi, 54. Ditemui saat menunggu giliran operasi, pria yang berasal dari Kecamatan Kaliwates itu mengaku tak sabar ingin kembali melihat dengan jelas. Sebab, katarak yang dideritanya selama satu tahun ini membuat dirinya harus berhenti sebagai waker atau penjaga malam.

Insya Allah saya sudah siap dioperasi. Rasanya gak sabar bisa melihat lagi supaya bisa kerja lagi,” ungkapnya.

Hal senada dikatakan Supiyati, 63. Pasien yang sehari-hari bekerja sebagai penjual kue itu tak mampu menutupi rasa bahagia karena mata kirinya sudah dioperasi. Karena katarak yang dideritanya, tak jarang membuat warga Kecamatan Tanggul itu bolak-balik terkena minyak goreng saat membuat kue.

“Alhamdulillah akhirnya mata saya dioperasi. Selama ini kalau bikin kue sering tangan saya kena cipratan minyak goreng karena mata saya tidak bisa dengan jelas melihat,” tuturnya.

Sementara itu, Pjs Direktur RSBS drg Yunita Puspita Sari P MKes menjelaskan, selain operasi gratis untuk kasus katarak, adapula pemberian kacamata gratis serta bola mata palsu. Semuanya berjalan dengan lancar karena sinergi yang terjalin serta adanya peran serta dari TNI dan para relawan.

“Demi para duafa, banyak pihak yang membantu. Termasuk diantaranya juga para dokter spesialis mata yang membantu operasi katarak, pihak TNI yang bantu mengarahkan alur bagi masyarakat yang mendaftar. Tak ketinggalan juga para relawan yang bersedia mengantar dan mendampingi,” ucapnya.

Ditambahkan, selama tiga hari berturut-turut diperoleh sekitar 168 orang yang dioperasi katarak, 594 orang yang mendapatkan kacamata, serta 10 orang yang memperoleh bola mata palsu.

Editor Bahasa: Yerri A Aji

Reporter :

Fotografer :

Editor :