Dibuka Setiap Hari Sabtu

RSBS Tambah Layanan Spesialistik Gigi

LAYANI KONSERVASI GIGI: drg Raditya Nugroho Sp KG saat melayani konsultasi seputar konservasi gigi di RSBS.

RADAR JEMBER.ID – Klinik Spesialis Gigi Rumah Sakit Bina Sehat (RSBS) tak hanya melayani layanan spesialis bedah mulut dan spesialis gigi anak, namun sekarang bertambah. Yakni melayani rujukan kasus konservasi gigi. Layanan ini di berikan oleh drg Raditya Nugroho, spesialis konservasi gigi.

IKLAN

drg Diyah Krisnawati, Manajer Instalasi Rawat Jalan RSBS mengatakan, perawatan konservasi gigi adalah perawatan untuk memperbaiki gigi yang mengalami kerusakan. Salah satunya karena terinfeksi jaringan pulpa pada saluran akar. “Dengan perawatan tersebut masalah gigi teratasi tanpa harus dicabut sampai gigi dapat kembali mengunyah dengan nyaman, kuat, dan tanpa keluhan,” terangnya.

Perawatan tersebut dapat di layani oleh dokter gigi spesialis konservasi gigi RSBS setiap hari Sabtu. Sementara itu, drg Raditya Nugroho Sp KG, dokter gigi spesialis konservasi gigi RSBS, menambahkan, rasa sakit yang ditimbulkan saat gigi terkena makanan atau minuman membuat si penderita ingin segera mencabut gigi. Padahal, sakit tidak akan disarankan jika kondisi akar gigi masih bagus. Meski perawatan saluran akar gigi memerlukan beberapa tahapan, tetapi gigi asli tentu akan lebih baik. “ Jika gigi dicabut, maka akarnya harus diambil. Ini bisa menyebabkan beberapa hal. Selain estetika, gigi lain akan renggang karena pergerakan gigi setelah gigi dicabut,” jelasnya.

Menurut Radit, di dalam gigi terdapat jaringan lunak disebut pulpa yang berisi pembuluh darah dan saraf. Perawatan saluran akar akan dibutuhkan saat pulpa  terinfeksi. Jika dibiarkan tanpa penanganan apa pun, maka dapat menyebabkan nyeri atau bahkan menjadi abses. “Selain abses, kemungkinan bisa menyebabkan kerusakan tulang di sekitar ujung akar yang mengalami masalah. Bahkan, pembengkakan bisa meluas ke sekitar area wajah dan leher,” imbuh dosen di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember ini.

Perawatan saluran akar gigi dilakukan setelah pemeriksaan foto rontgen gigi. Hal itu bertujuan untuk mendiagnosis infeksi yang terjadi. Langkah selanjutnya akan disesuaikan berdasarkan seberapa parah kondisinya. “Selama perawatan, ada beberapa hal yang penting untuk diketahui. Seperti rajin menjaga kebersihan rongga mulut supaya kesehatan rongga mulut tidak terganggu. Kontrol rutin melakukan pengecekan ke dokter gigi juga perlu dilakukan setelah perawatan untuk mencegah kerusakan gigi di masa yang akan datang,” paparanya.

Terakhir, kata dia, setelah melalui serangkaian tahapan untuk perawatan saluran akar gigi, gigi akan dipulihkan (restorasi) dengan mahkota atau tambalan untuk perlindungan agar gigi dapat berfungsi kembali seperti gigi lainnya. “Perawatan ini dapat mempertahankan gigi yang alami, bisa makan secara biasa, serta gigi yang telah mendapat perawatan saluran akar akan bertahan lama,” pungkasnya.

Untuk konsultasi lebih lanjut seputar perawatan saluran akar gigi, segera kunjungi Klinik Spesialis Konservasi Gigi RSBS di Jl. Jayanegara 7 Kaliwates Jember atau hubungi pendaftaran di (0331) 422701 ext. 111 atau 412361. (*)

Reporter : Bagus Supriadi

Fotografer : Istimewa

Editor : Bagus Supriadi