Deteksi Dini Gangguan THT

CEGAH INFEKSI THT: RSU Kaliwates memiliki layanan Poli Spesialistik THT yang dilengkapi dengan pemeriksaan audiometri dan nasoendoskopi khusus THT yang dioperasionalkan oleh dokter spesialis profesional.

RADAR JEMBER.ID – Telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) memiliki fungsi penting untuk mendengar, bernapas, mencium aroma, berbicara, serta menelan makanan dan minuman. Organ-organ ini bisa mengalami gangguan kesehatan misalnya karena infeksi, alergi, atau tumor. Gejala yang harus diwaspadai, antara lain hidung tersumbat, penciuman terganggu, telinga berdengung, pendengaran terganggu, serta kesulitan menelan.

IKLAN

Salah satu penyakit THT yang sering kali terjadi antara lain otitis media supuratif kronik (OMSK) dan rhinosinusitis. OMSK merupakan peradangan pada telinga tengah yang disertai keluarnya cairan dari dalam telinga. Cairan ini berupa cairan encer atau kental seperti nanah.

Cairan yang keluar ini dapat terus-menerus atau hilang timbul selama lebih dari delapan minggu. Kejadian OMSK ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain karena sering terkena infeksi saluran pernapasan. “Penderita yang mengalami OMSK biasanya pendengarannya akan terganggu. Untuk itu, dilakukan pemeriksaan audiometri untuk mengetahui ambang batas pendengaran penderita,” tutur dr Nindya Shinta SpTHT, dokter spesialis THT RSU Kaliwates.

Sedangkan rhinosinusitis adalah penyakit yang menyerang saluran pernapasan. Seseorang yang mengidap rhinosinusitis biasanya ditandai dengan pilek, hidung buntu, nyeri wajah, kadang disertai batuk dan badan panas. Penyebab rhinosinusitis biasanya karena alergi, infeksi, dan paparan polusi.

Pemeriksaan nasoendoskopi dapat dilakukan untuk menentukan penyebab dan lokasi gangguan atau masalah di dalam hidung. Endoskop merupakan alat berbentuk seperti selang rigid yang dilengkapi dengan kamera pada bagian ujungnya, yang dapat disambungkan ke monitor untuk memproyeksikan gambar yang ditangkap. “Pemeriksaan nasoendoskopi memungkinkan dokter untuk mendeteksi gangguan atau masalah di dalam tubuh, sehingga dapat mengobatinya dengan tepat,” lanjutnya.

RSU Kaliwates memiliki layanan Poli Spesialistik THT yang dilengkapi dengan pemeriksaan audiometri dan nasoendoskopi khusus THT yang dioperasionalkan oleh dokter spesialis profesional. Mari segera periksakan kesehatan Anda hanya di RSU Kaliwates dengan menghubungi di nomor 0331-483309 atau dapat mendaftar via WhatsApp di nomor 0821 4109 1945, RSU Kaliwates sahabat kesehatan Anda. (*)

Reporter : Lintang Anis Bena Kinanti

Fotografer : Istimewa

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti