RS Jember Klinik Buka Layanan Khusus untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Anak sebelum Terlambat

RADARJEMBER.ID-Setiap orang tua pasti berharap tumbuh kembang anaknya optimal. Oleh karenanya, proses tumbuh kembang anak perlu dipantau secara berkala sesuai tahapan usianya. Pemantauan ini juga diperlukan untuk mendeteksi dini terjadinya gangguan pada pertumbuhan dan perkembangan si kecil, sehingga bisa mendapatkan tata laksana yang paling tepat.

IKLAN

Menurut dr Suratini, direktur RS Jember Klinik, anak memiliki fase usia yang disebut usia emas atau golden age pada usia 0-4 tahun. Pada fase ini, kata dia, sel-sel otak mengalami pertumbuhan yang paling cepat. Masa-masa tersebut, kata dia, adalah masa yang paling menentukan terhadap masa depan anak. “Orang tua harus cukup memahami kebutuhan apa saja yang diperlukan anak di masa tersebut,” ujarnya.

Tak hanya itu, pada tahapan usia tersebut, lanjut dia, perlu dilakukan stimulasi yang rutin dan berkelanjutan agar sinaps antarsaraf semakin banyak, sehingga tumbuh kembang anak akan optimal sesuai dengan usianya.

Pengawalan proses tumbuh kembang pada usia emas, kata dr Suratini, harus dilakukan agar proses ini tidak melenceng dari jalur yang seharusnya. Pengawalan ini, lanjutnya, dilakukan dengan menggunakan metode yang tepat, sehingga parameter-parameter optimalisasi tumbuh kembang anak dapat diraih.

Metode yang dimaksud, kata dia, akan membantu pemantauan pertumbuhan anak yang meliputi berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, dan pemeriksaan fisik lainnya. “Juga perkembangan anak yang meliputi motorik kasar, motorik halus, kemampuan bahasa bicara, hingga aspek sosialisasi dan kemandirian,” jelasnya.

Menurut dia, Rumah Sakit Jember Klinik sebagai mitra sehat masyarakat, menyediakan layanan Poli Tumbuh Kembang untuk memfasilitasi pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak. “Khususnya pada anak-anak yang masih berada dalam rentang usia emas,” imbuhnya.

Layanan Poli Tumbuh Kembang ini, kata dia, dibuka setiap hari Selasa, Kamis, Sabtu, dimulai dari pukul 08.00. Pelayanan tumbuh kembang ini dilakukan oleh dokter dan petugas yang sudah memiliki sertifikasi keahlian khusus di bidang pemantauan tumbuh kembang anak.

Anak, lanjut dia, bukanlah miniatur orang dewasa, sehingga proses tumbuh kembang anak perlu mendapatkan pendekatan dan perlakuan tersendiri, agar mencapai hasil yang optimal. Proses pemberian stimulasi dan pengawalan tumbuh kembang yang salah, kata dia, akan menghambat potensi anak dan menunda beberapa aspek penting yang bisa memengaruhi masa depannya kelak.

Yang jelas, kata dia, waktu tidak akan berjalan mundur dan kembali, sehingga selayaknya masa-masa usia emas anak mendapatkan stimulasi yang paling tepat. “Segera periksakan dan deteksi tumbuh kembang buah hati Anda di Poli Tumbuh Kembang Rumah Sakit Jember Klinik demi tercapainya optimalisasi usia emas dan terciptanya generasi-generasi cerdas sesuai harapan,” imbaunya.

Untuk pendaftaran, informasi, dan keterangan lebih lanjut, bisa menghubungi 0822-3257-4614. 

Editor : M. Shodiq Syarif
Editor Bahasa: Imron Hidayatullah.

Reporter :

Fotografer :

Editor :