RSU KALIWATES: Fisioterapi Bukan Sekadar Pijat Biasa

RSU KALIWATES FOR RADAR JEMBER PENANGANAN FISIOTERAPI: Tak sedikit masyarakat yang menganggap bahwa fisioterapi sama dengan pijat biasa. Padahal di dalamnya terdapat berbagai teknik yang bisa dimanfaatkan untuk terapi medis.

RADARJEMBER.ID- Mungkin banyak di antara masyarakat yang belum mengenal tentang fisioterapi. Jangankan secara luas, kebanyakan dari tenaga kesehatan pun belum cukup memahami apa dan bagaimana fisioterapi itu. Realitas yang berkembang didalam masyarakat adalah bahwa banyak kalangan yang menganggap fisioterapi sama atau sejenis dengan tukang pijat. Anggapan ini berkembang sebagai bentuk ketidaktahuan mereka tentang fisioterapi.

IKLAN

Kepala RSU Kaliwates Jember, dr Niluh Hendrawanti menuturkan, fisioterapi atau Physical Therapy merupakan salah satu profesi kesehatan yang menyediakan treatment untuk mengembangkan, memelihara, dan memaksimalkan gerak dan fungsi gerak dalam kehidupan seseorang. Terutama saat terjadi gangguan gerak dan fungsi gerak akibat penuaan, cedera atau trauma fisik, penyakit, dan faktor lingkungan lainnya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa massage atau pemijatan memang merupakan salah satu bentuk modalitas fisioterapi, tetapi bukan satu-satunya modalitas yang digunakan untuk menyembuhkan pasien. “Ada banyak modalitas dalam fisioterapi seperti elektroterapi, hidroterapi, manualterapi, exercise, dan lain-lain,” tuturnya.

Pelayanan fisioterapi, kata dia, relatif aman dari pengaruh yang dapat merugikan kesehatan karena tidak menggunakan obat-obatan atau bahan kimia. Demikian pula penyinaran yang dilakukan fisioterapis. “Penyinaran ini bukanlah treatment yang dapat merusak atau mematikan sel-sel tubuh seperti yang banyak dikhawatirkan oleh sebagian masyarakat, tetapi lebih pada memaksimalkan gerak tubuh,” lanjut dr Niluh.

Beberapa jenis spesialisasi dalam fisioterapi di antaranya fisioterapi tumbuh kembang anak (pediatri) , fisioterapi usia lanjut (geriatri), fisioterapi neurologis (saraf), fisioterapi musculosceletal (otot, tulang) dan fisioterapi olah raga.

RSU Kaliwates Jember memiliki fisioterapis yang profesional dengan pendekatan terhadap pasien dengan tehnik manipulasi latihan serta dengan dilengkapi alat-alat fisioterapi seperti TENS, ultrasound, SWD, dan lain sebagainya. Ingin tahu lebih lanjut tentang fisioterapi, segera datang di RSU Kaliwates di Jalan Diah Pitaloka 4a Jember, telepon 0331 489100.

Reporter : Lintang Anis Bena Kinanti
Editor : M. Shodiq Sharif

Reporter :

Fotografer :

Editor :