Dinkes Jember Undang PKL Beri Sosialisasi Bahaya Hepatitis A

AJAK PKL PROAKTIF: Penyebaran virus Hepatitis A perlu diwaspadai, karena itu Puskesmas Sumbersari sengaja melibatkan PKL untuk memerangi virus tersebut.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Dinas Kesehatan Kabupaten Jember melalui Puskesmas Sumbersari terus berusaha mengatasi penyebaran virus penyakit Hepatitis A, terutama di kawasan kampus karena penyakit ini banyak menyerang mahasiswa, salah satunya diakibatkan oleh makanan yang tercemar virus penyakit tersebut. “Pagi hari ini Senin (16/12) Puskesmas Sumbersari mengadakan sosialisasi waspada Hepatitis A bertempat di Kelurahan Sumbersari, karena salah satu penyebab penyakit tersebut adalah makanan maka kita sengaja mengundang Pedagang Kaki Lima (PKL),” ungkap dr.Niluh Ketut Susi Andarini, M.Kes, Koordinator Pelayanan Puskesmas Sumbersari.

IKLAN

Dalam kegiatan sosialisasi itu, puskesmas tersebut mengundang 40 PKL yang setiap hari biasa berjualan makanan dan minuman di Jalan Kalimantan, Jalan Sumatera dan Jalan Jawa. “Usai mengikuti Sosialisasi ini diharapkan PKL sadar akan pentingnya perilaku hidup sehat, misalnya memperhatikan kebersihan makanan sehingga terbebas dari virus Hepatitis A,” imbuh Niluh.

Sementara itu Dra Ani Mujiati,MSi, Lurah Sumbersari, sangat mendukung langkah puskesmas tersebut untuk memberikan sosialisasi atau penyuluhan penyebaran dan pencegahan virus Hepatitis A kepada PKL. “Seperti diketahui di Kelurahan Sumbersari terutama disekitaran kampus banyak PKL berjualan, karena itu sangatlah tepat jika mereka diberi pemahaman mengenai virus Hepatitis A. Paling tidak sosialisasi itu bisa berdampak menurunkan angka penderita penyakit Hepatitis A, terutama di Kelurahan Sumbersari karena merupakan daerah padat penduduk,” terang Ani.

Armando, salah seorang pedagang yang mengikuti sosialisasi menyatakan, pasca mengikuti acara itu ia akan lebih memperhatikan kebersihan dagangannya untuk mengantisipasi merebaknya virus Hepatitis A.

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor :