Jangan Remehkan Keluhan Nyeri, Salah Berobat Berakibat Gangguan Psikis dan Komplikasi

Humas RSBS for Radar Jember Manajemen Nyeri: dr Erfan Efendi SpAn saat menjelaskan metode penanganan nyeri pada pelatihan manajemen nyeri di RSBS.

RADARJEMBER.ID – Belakangan ini nyeri menjadi perhatian khusus karena banyak ditemukan pasien dengan keluhan nyeri serta berbagai macam komplikasi. Penyebabnya adalah nyeri yang dialami tersebut tidak ditangani dengan baik.

IKLAN

Dalam pelatihan manajemen nyeri pekan lalu di Rumah Sakit Bina Sehat (RSBS), dokter spesialis anestesi Erfan Efendi menjelaskan beberapa hal. Salah satunya adalah penanganan nyeri seharusnya dilakukan sesuai prosedur. Akan tetapi, karena minimnya pengetahuan dan pemahaman, pasien sering kali mengabaikan sensasi nyeri yang dideritanya. “Terutama untuk mereka yang harus bekerja, tidak sedikit yang abai dengan rasa nyeri. Padahal itu merupakan tanda adanya masalah, entah di tulang belakang, saraf, atau pun lututnya,” jelasnya.

Sayangnya, Erfan melanjutkan, masih ada penderita yang kemudian ingin mengatasi nyeri tersebut, tetapi dengan prosedur yang tidak tepat. Sudah dibawa berobat ke mana-mana tanpa konsultasi ke dokter, sehingga nyeri tidak berkurang. Akibatnya, ada penderita yang mengalami gangguan psikis, mulai dari cemas, kesakitan tiap hari, stres, bahkan yang lebih buruk lagi adalah komplikasi.

“Kadang ada yang mau berobat ke mana-mana, tetapi dengan perawatan yang tidak masuk akal, misalnya dipukul-pukul dengan alat nonmedis. Akhirnya berujung pada komplikasi lambung hingga gagal ginjal,” terang dr Erfan Efendi SpAn.

Erfan mengatakan, berawal dari penanganan nyeri yang tidak tepat, selain fisik, juga akan berimbas pada financial pain, social pain, bahkan spiritual pain. Oleh karena itu, guna mengatasi beragam nyeri yang diderita, mulai dari kepala hingga kaki, terutama nyeri kronis dapat dikonsultasikan di Klinik Nyeri dan Anestesi Rumah Sakit Bina Sehat dengan tim dari dokter ahli berbagai cabang ilmu kedokteran yang siap menangani.

“Karena manajemen nyeri itu sangat penting, sehingga sebelum penanganan, diagnostik nyeri tentu ditegakkan terlebih dahulu. Khusus nyeri kanker yang dengan penanganan obat sudah tidak mempan, akan kami prioritaskan agar segera reda nyerinya,” pungkasnya.

Jika Anda berminat untuk konsultasi atau pun mengatasi keluhan nyeri, segera datang ke Rumah Sakit Bina Sehat di Jl. Jayanegara 7, Kaliwates Jember, atau dapat melakukan pendaftaran terlebih dulu melalui telepon (0331) 412361.

Reporter : Lintang Anis Bena Kinanti
Editor : Narto
Editor Bahasa: Imron Hidayatullah

Reporter :

Fotografer :

Editor :