PATRANG, RADARJEMBER.ID – Sebagai garda terdepan penanggulangan pandemi, tenaga kesehatan (nakes) menjadi orang yang paling rentan terpapar korona. karena itu, kekebalan tubuh mereka perlu dikuatkan lagi. Untuk itulah, pemerintah Jember bakal kembali melakukan vaksinasi kepada para nakes tersebut dengan dosis lanjutan atau dosis tiga.

Plt Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Kabid P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Jember dr Alfi Yudisianto mengungkapkan, vaksin dosis tiga untuk para nakes itu telah datang sejak Selasa (3/8). Vaksin dosis tiga akan menyasar para nakes di puskesmas dan rumah sakit. Mereka menjadi sasaran prioritas karena hinga saat ini, kasus pasien Covid-19 masih cukup tinggi. “Vaksin dosis tiga berbeda dengan jenis sebelumnya,” kata Alfi.

Menurutnya, Vaksin dosis tiga ini adalah Moderna, jenis vaksin mRNA (messenger RNA). Vaksin ini tidak menggunakan virus yang dilemahkan atau dimatikan, melainkan menggunakan komponen materi genetik yang membuat sistem kekebalan tubuh memproduksi spike protein. Spike protein akan memicu sistem imun untuk menghasilkan antibodi yang bisa melindungi tubuh saat terinfeksi virus korana.

Vaksin Moderna telah mendapatkan izin penggunaan darurat untuk mencegah infeksi Covid-19 pada orang dewasa usia di atas 18 tahun. “Kami barusan ini dapat kabar dosis tiga untuk Jember (sudah datang, Red). Baru Juli kemarin kami dapat kabar,” jelasnya.

Ia tidak menjamin apakah untuk selanjutnya masyarakat jember juga akan mendapatkan vaksin dosis tiga atau tidak. Sebab, semua vaksin yang datang memiliki surat pengantar, sesuai dengan kepentingan saat ini dan kondisi saat ini. “Belum tahu untuk itu. Apakah nanti selain nakes dapat vaksin dosis tiga atau tidak,” sambungnya.