Neo Natal Intensif Care Unit (NICU) dr Koesnadi Bantu Bayi Lahir Prematur

ilustrasi

BONDOWOSO – Sejak dua tahun terakhir ini, RSD dr Koesnadi Bondowoso mengoptimalkan layanan ruangan Neo Natal Intensif Care Unit (NICU) bagi bayi lahir yang memiliki permasalahan kesehatan. NICU terbukti bermanfaat atau mampu menyelamatkan bayi-bayi yang lahir prematur atau memiliki berat badan rendah, atau memiliki gangguan sesak napas saat dilahirkan.

IKLAN

“Ruangan NICU yang dilengkapi berbagai peralatan itu sangat bermanfaat bagi bayi-bayi yang memiliki masalah kesehatan,” ujar dr Luh Putu Sri Tresnasih SpA, dokter RSD dr Koesnadi Bondowoso kepada Jawa Pos Radar Ijen, kemarin (4/7).

Keberadaan NICU di RSD dr Koesnadi banyak membantu, karena angka kematian bayi di Bondowoso masih tinggi. “Dengan adanya layanan di NICU ini, angka kematian bayi bisa ditekan. Sebab, kami mampu menolong bayi-bayi yang memiliki masalah kesehatan,” terangnya.

Dokter Sri melanjutkan, bayi yang memiliki masalah kesehatan itu akan dirawat di ruangan NICU dari saat dilahirkan hingga usia 28 hari. “Banyak sekali kasus bayi yang memiliki kelainan saat dilahirkan. Lalu, bayi-bayi itu dirawat intensif sampai mereka sehat dan dikembalikan ke orang tuanya,” katanya.

Dia menambahkan, ada banyak faktor yang menyebabkan bayi baru lahir memiliki kelainan. Seperti berat badan lahir rendah, tidak menangis saat lahir, dan mengalami sesak napas. “Saat bayi dalam kandungan, ibunya kurang mengonsumsi makanan yang bergizi. Akibatnya, saat lahir, bayinya mengalami kelainan kesehatan,” katanya.

Selain itu, angka pernikahan dini dituding menjadi penyebab adanya bayi lahir tidak sehat. Bahkan, anak usia dini sekitar umur belasan tahun sudah menikah atau menjadi ibu. “Ini jelas tidak sehat bagi bayinya. Semoga, masyarakat sadar untuk tidak menikah atau menikahkan anak-anaknya di usia dini,” katanya.

Menurut dia, angka pernikahan dini di Bondowoso mulai mengalami penurunan dengan adanya kesadaran masyarakat. ”Namun, saya berharap angka pernikahan dini di Bondowoso semakin turun,” katanya. (kr/eko/mgc/aro)

Reporter :

Fotografer :

Editor :