Disayangkan, Penanganan Pandemi Tak Seperti Dulu

SUMBERSARI, RADARJEMBER.ID – Upaya memutus penyebaran pandemi korona diharapkan bisa terus berlanjut. Salah satunya dengan tetap memisahkan antara warga yang sakit dengan yang sehat. Apabila hal ini kendur, potensi virus tetap menyebar dikhawatirkan terus terjadi.

Harapan agar orang sakit dan sehat tetap dipisahkan disampaikan Wakil Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Jember Nur Hasan. Menurutnya, penanganan pandemi layak dilakukan seperti awal datangnya korona di Jember. Namun, saat ini seperti terbalik. “Saya berharap penanganan pandemi seperti awal ada korona. Kalau ada orang positif, maka keluarga dan beberapa orang yang kontak badan perlu diperiksa,” katanya.

Agar hal itu berjalan baik, maka warga Jember yang melakukan isolasi mandiri harus terkontrol oleh satgas hingga tingkatan paling bawah, yaitu di desa maupun RT/RW di Jember. “Jangan sampai warga yang isoman dibiarkan. Bisa saja keluarganya akan ditulari,” jelasnya.

Selain harus diperhatikan, politisi PKS itu menyebut warga yang isoman maupun keluarga mereka juga perlu tetap dipantau. “Carikan solusi untuk memisahkan orang yang sedang sakit dengan sehat,” paparnya.

Salah satunya, lanjut Nur Hasan, adalah memanfaatkan fasilitas yang telah disampaikan Bupati Jember Hendy Siswanto. “Segera carikan solusi untuk memisahkan orang yang sakit dengan yang sehat, agar pandemi ini tidak semakin menyebar. Kalau JSG mau dipakai, silakan langsung dipakai, karena yang kita butuhkan memutus penyebaran,” ungkapnya.